Cara Membuat Skema Rangkaian Lampu LED untuk Sepeda Motor


Advertisement


Bagaimana cara membuat lampu led berkedip atau lampu berjalan untuk variasi motor? Melihat banyaknya gambar skema rangkaian lampu led untuk sepeda motor kadang menjadikan kita untuk lebih berpikir kreatif tentang seperti apa cara penyusunan rangkaian tersebut supaya dapat difungsikan kedalam instalasi listrik motor atau mobil. Yang perlu diperhatikan adalah jenis rangkaian tersebut harus menggunakan tegangan DC 12 volt karena arus maupun tegangan listrik pada motor adalah sebesar itu, dengan mengacu pada penggunaan akumulator sebagai sumber tegangan.

Memang tidak sulit untuk mendapatkan rangkaian pada sepeda motor, karena sekarang ini banyak toko variasi motor atau elektronika menyediakan kit rangkaian siap pakai yang dapat langsung diterapkan kedalam motor anda. Tergantung selera masing-masing, akan seperti apa bentuk dan urutan lampu tersebut supaya dapat berfungsi dengan baik pada motor.

Secara sederhana, apabila kita hendak memasang LED khusus motor yang sudah mempunyai lebih dari satu jenis warna maka akan mudah, karena hanya sukup menambahkan penahan berupa resistor untuk dapat menyesuaikan tegangan 12 volt menjadi lebih kecil dan membatasi arus yang mengalir kedalam LED tersebut.

Secara sederhana dapat digambarkan seperti pada skema dibawah ini:

skema rangkaian led motor mobil

Misalnya kita ingin memasang lampu tersebut pada tegangan akumulator yaitu 12-13.5 volt, maka diperlukan beberapa resistor untuk membatasi besarnya tegangan yang masuk melewati led, juga untuk menurunkan arus listrik maka dapat memasang lampu tersebut secara seri dan paralel yang digabungkan sekaligus. Dengan begitu besarnya arus akan terbagi ke masing-masing lampu sehingga led akan lebih awet serta umur pemakaian lebih lama.

Untuk membuatnya, apabila menggunakan cara manual maka tentu saja harus mempersiapkan dudukan lampu led berupa PCB kecil yang harus dipotong sesuai dengan penempatan lampu tersebut nantinya. Selanjutnya tinggal merangkai dengan melihat contoh gambar skema yang telah dipersiapkan sebelumnya, dalam hal ini seperti pada gambar diatas. Adapun komponen lainnya untuk mendukung pemasangan ini adalah kabel keci secukupnya, serta socket yang sesuai untuk mengambil tegangan dari akumulator dan membaginya kedalam rangkaian tersebut. Dapat pula menambahkan saklar terpisah kalau memang ingin rangkaian ini nantinya dapat di ON / OFF sendiri.

Demikian sedikit tips sederhana bagi anda yang hobi utak atik rangkaian elektronika dan menerapkannya untuk digunakan pada sepeda motor atau mobil, tentu saja ini akan lebih merepotkan namun akan ada kepuasan tersendiri apabila kita dapat membuatnya sendiri.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment