Susahnya Mencari Adaptor LED TV Merk LG


Advertisement


Belum lama ini saya membeli LED TV merk LG karena memang ada keperluan untuk ruangan tidur keluarga. Gambar dari televisi ramping buatan LG Elektronik itu memang jernih dan tidak diragukan lagi, sangat cocok saya pasang di dinding kamar sehingga lebih nyaman nonton bola sambil berbaring, hehe.

Namun ternyata ada kendala yang cukup serius, yaitu adaptor mati total tanpa sebab sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Perkiraan saya adaptor tersebut rusak ketika akan dipindahkan dan jatuh ke lantai. Sayang sekali televisi masih baru namun ternyata sudah tidak dapat digunakan lagi karena power supply atau adaptornya gagal berfungsi.

Saya segera berkeliling untuk mencari ganti dari adaptor tersebut menanyakan dari toko elektronik satu ke toko lainnya. Namun jawaban yang didapat tidak sesuai dengan keinginan hati, adaptor tersebut ternyata ibarat barang langka yang sulit dicari. Karena menyerah tidak menemukan sparepart yang dicari, kemudian saya berinisiatif untuk menggantinya dengan adaptor laptop.

Untuk menggunakan adaptor laptop sebagai gantinya sepertinya tidak ada kendala, karena tegangan keluaran sudah sama-sama 18 volt DC. Hanya tinggal melakukan sedikit modifikasi pada socket saja dan langsung dapat dipakai.

Sebelum benar-benar mengganti adaptor tersebut saya iseng membuka covernya supaya tahu lebih detail tetang dalaman dari adaptor itu. Dan memang tidak ada yang berbeda dengan power supply kebanyakan yang menggunakan sistem acmatic, setiap komponen memiliki sungsi yang sama dengan power supply laptop.

Kemudian saya ukur satu-persatu komponen dalam power supply tersebut barangkali dapat saya repair sendiri tanpa harus ganti total. Tidak ada komponen yang mati, dan semua tampak masih bagus kalau dilihat dari bentuk fisiknya. Ketika PCB power supply tersebut saya balik, ada kecurigaan pada jalur PCB yang kelihatan seperti bergaris. Dan memang benar ada satu jalur menuju mosfet yang putus, kemudian saya sambung dan solder ternyata adaptor dapat kembali menyala normal.

Tanpa pikir panjang segera saya pasang dan digunakan untuk uji coba dan televisi sudah dapat menyala kembali. Dugaan sementara jalur PCB putus tersebut terjadi akibat dari adaptor yang jatuh ke lantai pada hari sebelumnya. Dan bukan karena kerusakan karena pemakaian.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment