Pengertian PCB atau Printed Circuit Board


Advertisement


Membahas tentang pengertian PCB rasanya memang layak untuk kita simak kali ini karena belum banyak yang tahu akan istilah tersebut. Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

PCB digunakan sebagai dasar dari semua rangkaian elektronika yang sering kita jumpai, karena papan jenis ini akan menjadi tempat melekatnya komponen elektronika dengan dilekatkan menggunakan solder yaitu dengan bantuan timah yang dicairkan. Untuk membuat jalur pada PCB maka harus melalui beberapa proses yang tidak mudah, mulai dari menggambar skema rangkain sampai melukis pada papan tersebut sebelum akhirnya dilarutkan dalam cairan asam sehingga papan tersebut membentuk jalur seperti dibawah ini.

PCB

Bahan yang digunakan untuk membuat PCB adalah sejenis fiber sebagai media isolasinya yang dilapisi cat berwarna hijau, sedangkan untuk jalur konduktor menggunakan tembaga. Ada beberapa macam jenis PCB menurut kegunaannya yaitu PCB 1 side (biasa digunakan pada rangkaian elektronika seperti radio, TV, dll) PCB double side (maksudnya kedua sisi PCB digunakan untuk menghubungkan komponen) dan PCB multi side ( bagian PCB luar maupun dalam digunakan sebagai media penghantar, misalnya pada rangkaian-rangkaian PC).

Jalur rangkian pada PCB yang digunakan untuk CPU dan alat elektronika lain pada saat ini umumnya lebih kompleks karena melibatkan dua sisi atau lebih sebagai media penghantarnya. Hal ini dikarenakan efisiensi dari penggunaan papan tersebut harus diperhatikan, dan mengingat pada ukuran yang kecil harus memenuhi segala hal yang diperlukan maka dibuatlah desain yang demikian.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang papan diatas, silakan menyimak pada praktek secara langsung atau mencari informasi yang lebih lengkap mengenai pembahasan diatas. Karena disini kita hanya mengulas secara ringkas mengenai hal tersebut yang mungkin belum cukup untuk dijadikan bahan referensi bagi keperluan anda.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment