Pengertian Osilator dan Contohnya


Advertisement


Membahas tentang pengertian osilator maka akan mengingatkan kita pada pelajaran di sekolah yang pernah dipahami pada waktu dahulu, termasuk contoh osilator dan macam jenisnya. Lantas apa yang dimaksud osilator itu sendiri? Osilator adalah sebuah rangkaian elektronika yang dapat menghasilkan keluaran gelombang yang berubah-ubah secara periodik terhadap waktu. Gelombang yang di hasilkan oleh osilator bisa berupa gelombang sinusoida, gelombang persegi, gelombang pulsa, gelombang segitiga atau gelombang gigi gergaji.

Gelombang osilator dapat dihasilkan dari sebuah kumparan maupun dari IC yang memiliki karakteristik memproduksi gelombang osilator. Meskipun demikian untuk memanfaatkan fungsi osilator maka diperlukan beberapa komponen pendukung misalnya capasitor dan resistor supaya rangkaian osilator tersebut dapat bekerja.

Menurut situs Wikipedia, inilah definisi osilator:
Osilator adalah suatu rangkaian yang menghasilkan keluaran yang amplitudonya berubah-ubah secara periodik dengan waktu. Keluarannya bisa berupa gelombang sinusoida, gelombang persegi, gelombang pulsa, gelombang segitiga atau gelombang gigi gergaji.

Berikut beberapa contoh osilator yang dapat kita jumpai:

  1. Osilator harmonik
  2. Osilator Armstrong
  3. Osilator Clapp
  4. Osilator Colpitt
  5. Osilator Hartley
  6. Osilator Pierce/kristal
  7. Osilator geseran-fasa
  8. Osilator saluran-tunda
  9. Osilator jembatan Wien
  10. Osilator T
  11. Osilator Vackar
  12. Osilator relaksasi
  13. Osilator UJT
  14. Osilator Sumbatan
  15. Osilator 555


Kalau di jaman modern sekarang, rangkaian osilator (penghasil gelombang osilasi) dapat dikemas secara praktis dalam sebuah IC osilator, tentu saja untuk dapat menghasilkan osilasi masih diperlukan komponen pendukungnya. Untuk mengetahui beberapa tipe IC osilator dapat melihat tulisan terdahulu tentang Jenis Jenis IC Osilator yang akan kita bahas selanjutnya menyambung tulisan ini, pada artikel mendatang juga akan kita ulas mengenai macam dan fungsinya supaya kita lebih tahu tentang osilator.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment