Contoh Surat Pribadi untuk Guru


Advertisement
Apabila teman-teman sedang mencari contoh surat pribadi untuk guru rasanya patut menyimak tulisan ini sampai tuntas, dengan memberikan surat kepada Bapak atau Ibu Guru bukan berarti kita tidak hormat, namun seperti halnya surat pribadi kepada teman maka ada kalanya kita mendapat tugas dari sekolah yang tidak lazim. Berikut ini saya buatkan contoh surat tidak resmi bahasa Indonesia yang seringkali dinamakan surat personal dengan merujuk pada penulisan yang biasa saja dan tidak berpatokan pada ejaan EYD atau tata bahasa formal. Sebelumnya mari kita bahas dulu apa pengertian surat pribadi, dalam penulisan surat pribadi tidak sama dengan penulisan surat resmi. Dalam surat pribadi, baik gaya bahasa maupun format penulisan surat tidak harus mengikuti aturan resmi atau formal.

Dalam membuatnya pun tidak harus menggunakan istilah resmi yang selalu kita pelajari, namun lebih kepada suasana santai dengan bercanda dan tidak merujuk pada istilah pada surat lamaran kerja atau yang lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tujuan kita membuat surat, kalau surat tersebut akan kita kirim kepada guru atau orang tertentu yang kita segani, sebaiknya menggunakan tata bahasa yang sopan/ bahasa resmi. Lain halnya kalau kita menulis surat untuk sahabat kita sendiri, kita bisa saja menggunakan bahasa sehari-hari atau di selingi kata-kata lucu atau bercanda.

Contoh Surat Pribadi

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk Guru.


Assalamualaikum Wr.Wb.
Halo Bu Yanti, gimana kabarnya di Jakarta, sehat-sehat saja kan? Aku di Jogja dalam keadaan sehat walafiat. 
Mudah mudahan kabarmu juga seperti itu. Bagaimana sekarang dengan pekerjaanmu di Jakarta? Kamu masih suka main ke pasar Baru gak? Pasti seru banget kalau hari Minggu disana ya. 
Eh Bu, liburan bulan depan apa kamu ada acara keluar kota? Kalau tidak aku ingin main ketempatmu, aku ingin ke pasar Baru lagi kayak dulu. Pasti ramai banget kalau main pas hari libur disana. 
Sekian dulu surat dariku ya, kapan-kapan kita sambung lagi. Kutunggu balasan suratmu.



Wassalamualaikum Wr.Wb.
Muridmu, 
Bagong

Memberikan kabar dengan berkirim surat memang sudah tidak lazim dilakukan pada masa sekarang ini karena tergantikan dengan perkembangan teknologi yang semakin marak. Namun dalam kesempatan tertentu maka hal itu masih sangat penting untuk dilakukan misalnya pada waktu ingin menyampaikan hal penting yang harus ada dokumentasi sehingga memerlukan goresan tinta diatas kertas sebagai tanda hitam diatas putih yang akan menjadi barang bukti di kemudian hari.

Contoh diatas hanya salah satu contoh yang mungkin masih banyak kekurangan, selanjutnya silahkan mengembangkan sendiri gaya bahasa dan penulisan surat tersebut sehingga sesuai dengan keperluan anda. Apabila pada akhirnya ingin mengetahui surat dinas, teman-teman bisa membaca tulisan saya yang lain disini: http://www.sisilain.net/2014/09/contoh-surat-dinas-yang-benar-dan-resmi.html

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment