Contoh Surat Dinas yang Benar dan Resmi


Advertisement


Bagaimana mengetahui contoh surat dinas yang benar dan salah ketika kita membaca surat tersebut? Cara menulis surat resmi yang baik tidak sama dengan menulis surat pribadi. Untuk mengetahui perbedaan antara surat dinas dengan surat personal atau surat pribadi maka akan terlihat dari cara penulisan kedua surat tersebut yang jelas tidak sama. Membedakan keduanya juga bukan perkara mudah manakala surat dinas akan lebih lengkap disertai kop surat dan stempel yang resmi. Sedangkan untuk surat yang kedua tidak akan kita bahas lebih banyak disini.

Karena surat dinas seperti contoh surat rekomendasi kerja, proposal pendidikan ataupun surat edaran ditujukan bukan untuk perorangan, jadi bisa dikatakan surat dinas mewakili suatu instansi atau suatu perusahaan.

Penggunaan surat inipun akan mencakup pada hal yang tidak sedikit, karena dalam komunikasi antar perusahaan atau instansi biasanya harus ada bukti tertulis hitam diatas putih. Mak akan menjadi sangat penting memperhatikan apa yang dituliskan sebagai dokumentasi dalam surat tersebut, karena suatu saat mungkin surat tersebut akan menjadi barang bukti yang menentukan pada suatu hal besar yang telah disepakati antara dua pihak.

Seperti apa kriteria surat dinas yang memenuhi syarat untuk digunakan dan dikirimkan kepada instansi yang terkait? Untuk mengetahui hal tersebut maka kita harus belajar menulis surat secara cepat dengan memahami bagaimana struktur surat tersebut, silakan simak contoh pada gambar berikut.

Contoh Surat Resmi

Contoh Surat Dinas

Memang terdapat banyak macam surat yang sering kita baca, namun secara umum surat yang dimaksud seperti diatas adalah dilihat dari fungsi surat tersebut yaitu digunakan untuk hal-hal yang bersifat resmi. Tida sama ketika kita mengirimkan surat kepada seseorang, maka tidak perlu menulisnya dengan penggunaan tata bahasa yang formal dan ejaan yang sesuai EYD. Karena apa yang kita sampaikan adalah bersifat kepada individu yang tidak harus memenuhi kriteria tertentu dalam menulisnya.

Mengenai format surat dinas yang baik seperti diatas sebenarnya ada banyak macam yang membedakan antara surat untuk melamar pekerjaan, surat dinas untuk instansi pemerintah dan jenis surat yang lainnya rasanya tidak dapat dijabarkan secara lengkap disini mengingat keterbatasan waktu dan tempat. Untuk lebih jauh membahas surat tersebut akan kita perbaharui dimasa yang akan datang dan apabila anda ingin mengetahuinya dengan baik maka silakan mencari referensi sendiri yang lebih lengkap di internet atau pada contoh yang dapat dipelajari sendiri lewat buku pelajaran.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment