Skema Rangkaian Lampu LED Menggunakan IC


Advertisement


Ketika membahas tentang topik ini maka akan mengingatan kita pada mata pelajaran di sekolah yang mempelajari cara membuat skema rangkaian lampu LED berjalan sederhana bolak-balik, mengapa disebut rangkaian lampu LED berjalan? Karena lampu LED yang dipasang pada rangkaian ini akan menyala secara bergantian dari LED satu berganti ke LED sebelahnya. Sehingga kalau di amati nyala lampu LED tersebut seperti berjalan. Rangkaian ini sering juga disebut rangkaian running LED.

Sedangkan dalam beberapa materi pelajarang telah dibuat gambar rangkaian LED dengan memakai transistor sebagai komponen utamanya. Rangkaian yang seperti itu lebih budah dibuat karena hanya sedikit komponen yang diperlukan yaitu transistor dan beberapa resisor serta elco. Namun untuk hasil yang lebih baik maka kita akan membahas rangkaian running LED menggunakan IC 4017 dan IC 555 sebagai koponen utama penggerak lampu tersebut.

Lalu apa saja komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian LED berjalan ini? Komponen yang diperlukan cukup sederhana, dan cara merangkainya juga tidak rumit. Selengkapnya silahkan lihat skema rangkaian LED berjalan dibawah ini:

Skema Rangkaian Lampu LED Berjalan

Komponen utamanya adalah sebuah IC NE555 yang menghasilkan pulsa atau detak-detak sinyal logika, sehingga lampu LED dapat menyala berkedip. Ditambah satu IC 4017 yang akan menghasilkan decade counter sehingga lampu LED dapat menyala bergantian.

Selebihnya adalah komponen pendukung yang terdiri dari resistor, dioda, capasitor, dan sebuah VR sebagai pengatur kecepatan putaran lampu LED.

Untuk merakit rangkaian lampu LED berjalan seperti diatas dapat dimulai dengan menggambar skema rangkaiannya pada PCB kosong kemudian melarutkan PCB tersebut. Selanjutnya mengisi tiap komponen yang nilainya sama dengan yang terdapat pada gambar diatas. Ketika semua komponen sudah terpasang maka tinggal melakukan penyolderan pada tiap kaki komponen dengan PCB dan melakukan pengetesan apakah rangkaian sudah dapat berfungsi dengan baik atau belum. Selamat mencoba.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment