Semua Perlu Penyesuaian


Advertisement


Menjalani hal-hal baru bukan perkara mudah karena harus ada adaptasi dengan lingkungan sekitar, membiasakan diri terhadap segala hal yang sama sekali asing dimata kita. Melalui proses seperti ini kadang menjadi sangat membosankan bahkan waktu terasa lama sekali. Adaptasi dengan sekeliling dapat di ibaratkan belajar lagi dengan hal baru yang harus kita kuasai, karena mau tidak mau itulah kenyataannya. Harus menyesuaikan kalau mau tetap lanjut.

Kalau sudah ada perencanaan sebelumnya rasanya tidak terlalu asing dengan penyesuaian tersebut, bahkan terasa hal sekecil apapun yang dilakukan menjadi berarti dan terasa penuh tantangan. Ini mungkin yang disebut menikmati proses, membiarkan perubahan terjadi pada diri sendiri dan menerimanya dengan suka rela.

Namun ketika apa yang di alami adalah penyesuaian yang tidak ada pilihan kedua maka akan semakin terasa berat untuk dijalani. Terasa seperti mengangkat beban yang berat dipundak kita, karena mau tidak mau harus memindahkan beban tersebut ke tempat yang sudah ditentukan atau pundak kita akan semakin capek membawanya.

Apa saja yang kita temui adalah penyesuaian, kalau itu mengenai hal baru. Penyesuaian karena punya rumah baru, penyesuaian karena di PHK dari pekerjaan, dan penyesuaian lainnya yang kadang disyukuri namun tak jarang menjadi penyebab depresi karena merasakan hal yang belum pernah dijalani sebelummya. Seperti orang yang baru terbangun dari mimpi indah semalaman.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment