Rumus dan Pengertian Kumparan


Advertisement


Setelah lama tidak membahas mengenai materi pelajaran yang berkaitan dengan elektronika maka kali ini akan kita mulai dengan rumus kumparan beserta penjelasannya. Apakah pengertian kumparan? Kumparan adalah ukuran bagi arus yang dibawa oleh kumparan tersebut. Hal ini mengacu pada sebuah obyek dengan pengaruh tertentu yang menyebabkan dampak pada daerah disekitarnya. Sebuah cermin yang dipasang pada kumparan menyimpangkan seberkas cahaya dan menyebabkan sebuah bintik cahaya yang telah diperkuat bergerak di atas skala pada suatu jarak dari instrument. Fek optiknya adalah sebuah jarum penunjuk yang panjang tetapi massanya nol.

Dengan demikian penyimpangan kumparan merupakan ukuan bagi arus yang dibawa oleh kumparan tersebut. Sebuah cermin yang dipasang pada kumparan menyimpangkan seberkas cahaya dan menyebabkan sebuah bintik cahaya yabg telah diperkuat bergerak di atas skala pada suatu jarak dari instrumen (Wikipedia). Melanjutkan perhitungan tentang rumus pythagoras maka berikut ini adalah rumus kumparan secara umum yang dapat dicantumkan.


Rumus Kumparan

\mathrm{\mu H}= \frac{R^2 N^2}{9 R + 10 L}

Dalam kehidupan sehari-hari kita menjumpai banyak contoh kumparan dalam rangkaian elektronika dengan bermacam kergunaan yang tidak asing lagi. Misalnya dalam perangkat pembangkit tenaga listrik, atau pada motor listrik yang menggunakan dasar kumparan sebagai komponen utamanya. Juga dalam rangkaian lain tidak tertinggal adanya kumparan sebagai induksi dan fungsi lain yang amat penting sehingga secara mutlak dasar kumparan memang diperlukan dalam suatu perangkat elektronika.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment