Jenis Jenis Ulat Bulu dan Ciri Khususnya


Advertisement


Mengetahui jenis jenis ulat bulu paling menarik perlu untuk kita pelajari mengingat ada banyak sekali ciri khusus ulat bulu yang dapat menyebabkan sekumpulan ulat tersebut membawa hama pada tanaman sehingga merugikan petani. Untuk menghilangkan gangguan serangga ini harus dihentikan bukan hanya pada kepompongnya saja, namun juga kupu-kupu yang terbang menyebarkan telur ulat tersebut. Lantas bagaimanakah tindakan kita untuk mengantisipasi gangguan tersebut supaya tidak merusak lingkungan tempat tinggal kita?

Rasanya masih segar dalam ingatan dimana beberapa waktu yang lalu sebagian daerah di Indonesia digemparkan dengan serangan ulat bulu yang mengkhawatirkan. Berbagai tindakan antisipasi pun dilakukan untuk mencegah semakin meluasnya wabah ulat bulu tersebut, mulai dari pembasmian secara massal oleh para warga sampai pemusnahan yang melibatkan peralatan khusus milik pemerintah.

Harapan kita tentu saja serangan ulat bulu tersebut tidak akan terjadi lagi, tapi kalau dipikir secara logika semua jenis makhluk hidup di bumi ini memiliki kesempatan untuk berkembang biak, sebagaimana makhluk hidup lain yang disukai manusia, ulat bulu pun juga bisa berkembang menjadi populasi yang cukup besar. Mungkin keseimbangan ekosistem yang membuat ulat bulu akhir-akhir ini masuk kedalam lingkungan manusia.

Beberapa macam gambar ulat (bulu) yang di ambil dari Google.co.id.







Rasanya banyak yang harus diketahui tentang serangga ini mengingat semakin perlunya untuk memahami ulat tersebut dan tidak salah kalau kita mengenal jenis jenis ulat bulu yang ada disekitar kita, ya hitung-hitung sebagai tambahan pengetahuan. Banyak jenis-jenis ulat bulu, berikut beberapa macam ulat bulu yang belakangan menyerang Jakarta: Lymantridae euproctis sp ditemukan di kawasan Tanjung Duren dan Kembangan, Jakarta Barat serta Limacodidae ploneta diducta dan Lasiocampidae trabala sp di kawasan Pekayon, Jakarta Timur. Sedangkan ulat bulu jenisNoctuidae ditemukan di Petojo, Jakarta Pusat.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

ekoph said...

Penampilannya menarik, tapi membuat gatal :)

Post a Comment