Pengaruh Medan Magnet terhadap Penghantar Berarus Listrik


Advertisement


Bagaimanakah pengaruh medan magnet terhadap penghantar berarus listrik? Apabila dalam rangkaian listrik tertutup terkena medan magnet maka akan dapat menimbulkan gaya yang dapat mempengaruhi rangkaian tersebut. Lantas seperti apakah pengaruh medan magnetik terhadap kawat yang di aliri tegangan listrik?

Pad dasarnya sebuah rangkaian listrik akan menimbulkan medan magnet yang apabila disekitar penghantar tersebut terdapat medan magnet maka akan terjadi pembelokan arah medan magnet.

Contoh: kita dekatkan kompas pada rangkaian berarus listrik dengan maka jarum kompas tersebut dapat membelok dari arah normalnya. Selengkapnya mengenai penyimpangan arah kompas tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Pengaruh Medan Magnet terhadap Penghantar Berarus Listrik

Sedangkan untuk rumusnya dapat kita ambil contoh misalnya pada sebuah kawat lurus yang berarus dan terletak pada sumbu y di aliri arus I. Apabila kecepatan muatan-muatan positif adalah v dan jumlah muatan yang mengalir adalah q selama waktu t, maka Gaya Lorentz F, seperti pada rumus dibawah:

rumus medan magnet

Nah untuk menentukan arah dari gaya Lorentz maka kita menggunakan kaidah tangan kanan yang mana ketika keempat jari dikepalkan dan menunjukkan arah dari v ke B atau I ke B, maka ibu jari menunjukkan arah gaya Lorentz.



Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Meutia Halida Khairani said...

hmm, jadi ingat masa2 SMA baca artikel kamu.. belajar Fisika. haha

Dwi said...

@ Meutia Halida Khairani: iya mbak meutia, lama gak intip-intip blognya nih, hehe

Post a Comment