Komponen Pada CPU Laptop yang Mudah Rusak


Advertisement


Sekarang ini penggunaan komputer sudah semakin ramai, banyak orang yang tadinya belum mengenal komputer namun kemudian karena tuntutan kerja menjadi harus terlibat dengan komputer setiap hari. Juga pada aktifitas belajar mengajar, sekarang sudah banyak pelajaran yang terbantu karena adanya perangkat komputer dan laptop.

Nah, teknologi canggih yang semakin maju, mengakibatkan pengguna komputer yang tadinya memakai PC sekarang banyak yang beralih ke netbook dan laptop, hal ini mengingat semakin praktis dan penggunaan yang ringkas. Kalau kita lihat sekarang hampir setiap orang memiliki gadget dan laptop, dan kadang masih belum begitu banyak yang tahu akan seluk beluk laptop ini sehingga sulit juga apabila terjadi kerusakan.

Komponen Pada CPU Laptop yang Mudah Rusak

Lantas bagian-bagian pada laptop tersebut apakah mudah rusak? Yang namanya buatan manusia pasti memiliki kelemahan, karena terlalu sering digunakan maka bisa saja laptop lebih cepat rusak ketimbang CPU atau komputer dekstop. Misalnya kerusakan LCD laptop garis putih yang sering dijumpai dan dikeluhkan oleh pengguna.

Diantara komponen laptop yang sering rusak adalah pada bagian CPU, yaitu meliputi:

  1. Processor, bagian ini merupakan inti dari semua proses yang berlangsung dalam sebuah perangkat komputer, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan karena panas yang berlebihan. Solusinya untuk umur pemakaian yang lebih lama dapat menambahkan eksternal fan atau cooling pad.
  2. RAM, kalau untuk motherboard jaman dulu RAM sering mengalami permasalahan. Namun untuk teknologi laptop jaman sekarang sudah semakin canggih sehingga RAM tidak terlalu rentan terhadap kerusakan.
  3. Baterai, komponen ini dapat dipastikan akan rusak pada umur pemakaian tertentu. Biasanya umur baterai tidak lebih dari 2-3 tahun.
  4. Jack atau colokan adaptor, karena terlalu sering dipasang dan cabut maka soket adaptor juga sering rusak yang mengakibatkan pengisian baterai menjadi gagal.
  5. Keyboard, banyak pula yang mengeluhkan keyboard rusak misalnya tuts menjadi keras atau bahkan tidak dapat berfungsi dengan baik.


Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment