Komponen Elektronika yang Pemasangannya Boleh Terbalik


Advertisement


Kali ini kita akan membahas tentang apa saja komponen elektronika yang pemasangannya boleh terbalik alias dapat dipasang bolak-balik. Ada jenis komponen elektronika yang memiliki polaritas dan ada yang tidak memiliki polaritas atau kutub negatif dan positif, sehingga komponen yang tidak memiliki polaritas (non polar) ini tidak masalah apabila terpasang bolak balik.


Berikut ini pembahasan tentang apa saja komponen yang bisa dipasang bolak-balik tanpa memperhatikan polaritasnya:

Resistor, resistor yang dimaksud disini adalah resistor yang memiliki gelang warna. Komponen ini termasuk komponen pasif dan dapat dipasang terbalik. Terkecuali apabila kita menginginkan urutan pemasangan dengan memperhatikan gelang warnanya, maka perlu disesuaikan ketika memasangnya. Saya sudah pernah menulis tentang resistor, silahkan baca disini:



Capasitor non polar, yaitu komponen elektronika yang memiliki nilai kapasitas tertentu sesuai dengan angka yang tertera pada body kapasitor tersebut. Ada banyak jenis kapasitor, namun yang dapat dipasang terbalik adalah kapasitor keramik dan mylar

Lilitan atau induktor, lilitan ini ada yang bentuknya mirip dengan resistor yaitu kecil memiliki kode warna. Biasanya berwarna hujau atau biru. Dapat dipasang terbalik. Namun perlu di ingat untuk jenis lilitan yang mempunyai batang ferit ditengahnya harus dipasang berdasarkan polaritasnya, karena akan mempengaruhi rengkain apabila terbalik.

Demikianlah saya tulis 3 jenis komponen elektronika yang dapat dipasang bolak-balik yang mungkin masih ada lagi komponen lain yang bersifat pasif sehingga tidak perlu memperhatikan polaritas ketika memasangnya.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment