Beberapa Penyebab Tegangan TV Protek


Advertisement
Pada kerusakan televisi Polytron yang saya temui beberapa waktu lalu memberikan inspirasi untuk menulis tentang cara mengetahui penyebab protek pada TV, umumnya tegangan yang protect ini tidak akan menyebabkan kerusakan lainnya pada tv tersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan tegangan tv menjadi protek, sebenarnya maksud protek adalah untuk mengamankan blok lain pada tv ketika terjadi kerusakan misalnya ada salah satu komponen yang short atau mati.

Namun yang lebih sering terjadi adalah kerusakan protek ini membuat pusing para teknisi, karena untuk mencari penyebabnya memang sangat sulit. Misalnya pada tv sharp yang mati dan tegangannya protek, kadang tidak akan ketemu kalau dicari dan terpaksa harus diganti dengan mesin baru keluaran cina.

Ada beberapa penyebab yang umum terjadi sehingga mengakibatkan tegangan menjadi protek, misalnya:

  1. IC vertikal short atau rusak, ini paling sering saya alami.
  2. Flyback rusak
  3. Dioda zener short
  4. IC oscillator atau IC suara rusak
  5. CRT rusak
  6. Yoke terbakar


Untuk mengetahui penyebab asal komponen yang rusak sehingga terjadi tegangan protek maka perlu mengurut satu-persatu blok tegangan, misalnya mulai dari tegangan b+ televisi. Cara mengukurnya adalah dengan melakukan open solder secara bertahap, kalau ditemui komponen yang mati maka akan kelihatan tegangan sudah menjadi normal saat komponen tersebut di cabut dari rangkaian.



Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment