Sulitnya Mencari IC Program TV China Votre


Advertisement
Mendapatkan kerusakan televisi merk China yaitu Votre layar datar 14 inch adalah pekerjaan yang tidak begitu berat, pikir saya. Awalnya gejala TV rusak ini adalah gambar bergaris dan terdengar bunyi bocor ketika dinyalakan. Saya pikir ini adalah wajar karena musim hujan biasanya memang banyak karet atau kop FBT yang rusak karena udara lembab.

Televisi saya buka dan cermati, karet flybank saya ganti, dan suara bocor sudah hilang. Namun gambar tampilan di layar masih berupa garis mendatar, yang menandakan ada kerusakan pada blok vertikal. IC vertikal saya ganti, kerusakan masih sama. Saya sampai mengganti IC vertikal sebanyak 3 kali, dan terakhir malah terjadi hubungan singkat antara pin IC program dengan ujung ground, padahal saat itu televisi masih menyala.

Dapat dipastikan kalau IC program rusak, ditandai dengan hilangnya gambar dan tegangan pada blok 5 volt menjadi drop. IC program saya lepas dan tegangan 5 volt normal, berarti memang IC tersebut bermasalah.
Saya catat IC program yang sekaligus IC video pada televisi Votre tersebut, serinya adalah 041B01Z, dan ada deretan angka lagi dibagian bawah. Saya carikan sparepartnya ke toko elektronik namun tidak ada.

Jalan terakhir adalah mengganti mesin televisi tersebut dengan mesin cina, yah mungkin ini adalah saat apes saya. Yang tadinya rusak hanya gambar garis tengah malah jadi ganti mesin.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment