Cara Menghilangkan Dengung pada Amplifier


Advertisement
Masalah power amplifier berdengung sudah sering saya bahas, kali ini saya ingin berbagi pengalaman memperbaiki amplifier plus tape deck yang memiliki kerusakan suara dengung sehingga mengganggu keluaran musik yang dihasilkan oleh speaker. Ketika kita sedang asik menikmati bunyi musik kesukaan, tentu sangat terganggu dengan adanya dengung atau noise yang keluar dari power ampli tersebut, lalu apakah penyebab dari dengung tersebut? Mari kita simak bersama pengalaman saya dibawah.

Cara menghilangkan dengung pada amplifier yang akan saya bahas ini mungkin tidak sama dengan kasus lain yang pernah anda alami atau sering terjadi. Dan ini hanyalah salah satu pengalaman yang mungkin akan berguna kelak ketika kita memerlukannya.

Yang sering menjadi pemicu dari dengung pada ampli adalah kendala grounding yang kurang bagus, dan kadang disebabkan oleh tegangan DC yang tidak rata atau elco yang jelek. Nah ternyata disini dengung yang saya perbaiki termasuk kedalam kategori yang kedua yaitu karena tegangan 12 volt jelek.

Tadinya saya pikir karena sistem ground yang tidak bagus penyebabnya, lalu saya tambahkan banyak kabel grounding namun tetap sama saja. Dan saya beralih memeriksa tegangan dari pre-amp sampai equalizer, tone control, hingga blok power.

Kemudian saya dapati ternyata bagian tone control ada banyak komponen yang berkarat, dan salah satunya adalah elco 470Uf/ 35volt. Segera saya ganti dengan elco 100Uf/ 35volt. Elco tersebut adalah filter tegangan DC yang mencatu tone control, dan benar saja setelah diganti elco ternyata keluaran suara dari amplifier menjadi bersih tidak lagi berdengung.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment