Penyebab Speaker Aktif Berdengung/ Mendengung


Advertisement


Mencari penyebab spekaer aktif berdengung kadang adalah sesuatu yang bukan mudah untuk dilakukan, karena sumber suara mendengung tersebut bukan berasal dari penguat suara atau amplifier yang tidak bagus namun dapat karena banyak sebab, misalnya supply tegangan yang jelek, sistem pengkabelan tidak bagus, dll.

Tentang kerusakan speaker aktif bukan kali ini saja saya bahas, sebelumnya saya juga pernah menulis tentang speaker aktif yang mengalami rusak mati sebelah, untuk artikel lengkapnya dapat dibaca disini: http://www.sisilain.net/2012/11/service-speaker-aktif-suara-mati-sebelah.html

Nah kalau penyebab amplifier berdengung atau sistem pengeras suara juga dapat disebabkan oleh banyak hal, tentang ampli yang mengalami dengung atau noise ini saya pun telah menulis pada arsip sebelumnya, silahkan di acak-acak sendiri ya. Kali ini kita akan membahas tentang dengung yang timbul pada speaker aktif karena kerusakan yang mungkin disebbabkan oleh hal kecil dan tidak kita sengaja.

Penyebab Speaker Aktif Berdengung/ Mendengung

Untuk mengetahui penyebab dengung yang timbul pada speaker, mari kita klarifikasi jenis dengung tersebut seperti apa, apakah salon ata speaker aktif kita sudah mengalami kerusaka parah atau belum.

Berikut ini macam-macam indikasi dengung yang dapat anda kenali:
  1. Dengung keras pada saat speaker aktif di ON, dan tombol volume tidak berfungsi. Ini biasanya terjadi karena power amplifier sudah rusak, yaitu transistor penguat final mati. Solusinya, silahkan ukur satu persatu transistor penguatnya dengan menggunakan multimeter.
  2. Dengung agak kencang cukup mengganggu, dan speaker masih dapat berfungsi dengan baik. Dengung seperti ini terjadi karena supply tegangan yang kurang baik, atau filter tegangan DC kurang bersih. Silahkan cek apakah terjadi kerusakan pada elco power supply, elco-elco lainnya yang mungkin terbakar atau pin kakinya patah.
  3. Dengung kecil yang berkepanjangan, ini dapat terjadi lakera sistem grounding yang jelek. Silahkan cek apakah semua grounding sudah terhubungan dengan benar.


Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

masih menerima servis speaker aktif gak? posisi dmn ya? saya di jogja.nuwun. Wilis

Post a Comment