Musim Hujan, Sinyal Modem Makin Jelek


Advertisement


Daerah saya termasuk kawasan yang sulit terjangkau sinyal operator seluler, sehingga untuk internetan tidak semua operator dapat digunakan. Meskipun banyak tawaran paket internet murah, namun pilihan yang ada masih sangat terbatas, mengingat kendala pada masalah penangkapan jaringan sinyal tersebut.

Dari dulu sebenarnya saya ingin pasang tower sendiri untuk internetan, hanya karena harga yang masih sangat mahal menjadikan niat tersebut masih urung sampai sekarang. Terakhir, saya menggunakan modem Tlekomsel Flash dengan paket bulanan 100 ribu. Namun kuota yang saya dapatkan masih terlalu minim untuk internetan sepanjang hari, sehingga saya pilih lagi yang paket Flash Modem seharga Rp. 799.00,-/ 3 bulan. Dengan paket ini kebutuhan kuota maupun kecepatan akses internet cukup memadai, kadang malah kuota masih tersisa di masa paket berakhir.

Namun memasuki musim hujan ini kendala muncul lagi, kadang sinyal modem yang harusnya HSDPA atau WCDMA berubah jadi EDGE, yang berdampak pada kecepatan akses menurun. Hal itu terjadi ketika cuaca mendung atau hujan, dan biasanya pada pagi hari sampai siang.

Dengan sinyal EDGE menjadikan akses internet menjadi sangat lambat dan terbatas, pekerjaan yang harusnya dapat saya selesaikan menjadi tertunda. Update blog pun terkendala, namun mau gimana lagi karena memang daerah saya masih sulit dalam hal penerimaan sinyal. Mau pindah paket namun sayang, masa berlaku masih panjang. Solusinya kadang saya pindah-pindah tempat saat internetan, mencari area yang sinyalnya bagus.

Ditengah kondisi susah sinyal yang saya alami, saya sering menerima SMS yang intinya himbauan untuk tidak memasang repeater atau penguat sinyal. SMS tersebut menjadi sangat menyindir, apalagi ada ancaman denda dan kurungan pula :(

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

HAPS DW said...

Iya, saya pake speedy dirumah. Bulan2 kemaeen sinyal msh kenceng banget. Sy pake streaming pagi, siang, sore, malam, tetep oke. Tapi, selama musim hujan ini sinyal ketar ketir. Dipake streming, sering buffering. Menjengkelkan. Dan, sms dr kemominfo jadi tamabah gondok :(

Dwi said...

@ HAPS DW: hahaha iya mbak, kalau berita resmi kok disebarinnya lewat sms ya, kan mending disiarin lewat tv.
btw tumben nih komen, rasanya sudah lamaa sekali gak blogwalking,, hehe

Post a Comment