Service Televisi LG Ultra Slim Mati Total


Advertisement


Lama tidak mengerjakan kerusakan TV, tadi pagi saya mendapat satu televisi rusak yaitu merk LG Ultra Slim 21 inch, dengan kerusakan mati total tidak ada tampilan gambar pada layar, dan lampu indikator LED mati. Padahal TV tersebut belum cukup lama dibeli, kalau dilihat garansi-nya sepertinya masih dapat diklaim. Namun karena yang punya TV bersikukuh untuk disarviskan, akhirnya saya kerjakan juga.

TV LG Ultra Slim 21 inch

Sebelum mati, TV tersebut menurut pemiliknya selalu dimatikan hanya dari remote control, jadi masih dalam posisi stand by dan power supply masih bekerja. Dugaan saya karena hal inilah yang menyebabkan TV tersebut rusak. Kadang karena tidak mau repot kita hanya mematikan TV dari remote saja tanpa menekan switch powernya, padahal untuk pemakaian jangka panjang hal ini tidak baik bagi TV kita.

Service Televisi LG Ultra Slim Mati Total

Bagian pertama yang saya cek adalah pada power supply, ternyata tegangan DC 250 volt masih tersimpan pada elco power. Ketika diukur, tegangan 12 volt, B+, semua ada. Yang bermasalah ternyata adalah pada tegangan DC 5 volt yang menuju IC program. Wajar saja kalau TV tidak mau menyala, karena IC program tidak mendapat pasokan tegangan. Setelah saya ukur, keluaran IC 7805 masih bagus, dan ada 2 transistor kecil yang rusak. Setelah bagian ini saya ganti, TV LG flat tersebut sudah kembali normal dan menyala seperti biasa.

Advertisement

{ 6 Comments... read them below or add one }

TIARA FM said...

tv lg super slim tr horisontal dlm hitungan detik jebol dh di ganti c2000v flayback normal defleksi ok mohon pencerahan gan????

Dwi said...

@ TIARA FM: wah berart kasusnya sama kayak tv polytron slim flat punya saya dulu. untuk tegangan b+ dan tegangan output dari power supply gimana gan? kemungkinan dapat pula karena output tegangan dari ps abnormal/ terlalu tinggi

didik priyanto said...

tv lg sy 21 inchi klo kbel power ditancepin ke listrik tombol power ditekan tiba2 asep keluar dan komponen yg hangus di bagian power suply,kira2 apanya ya gan??mhon pncerahannya.terima kasih.....!

Dwi said...

@ didik priyanto: kalau sempat keluar asap berarti masih lebih mudah untuk mendeteksi gan, dapat dilihat komponen apa saja yang terbakar. selanjutnya kalau komponen yang terbakar sudah di cabut tinggal di ukur komponen lain dan tegangannya.

nah kalau power supply sudah banyak yang terbakar dan sulit untuk mencari sparepartnya, biasanya kalau saya mending dibelikan power supply baru yg rakitan china itu gan, lumayan murah dan simpel.

aspiyannor said...

permisi, mau tanya nih
tv lg flatron model 21fc1ag-th, saat kabel docilokkan lampu led nyala tapi begitu diremote ditekan tombol power, teppp lampu led langsung mati dan tv ga ada reaksi apa2, mohon pencerahannya
terima kasih

Dwi said...

@ aspiyannor: kemungkinan besar yang bermasalah pada tegangan 12 volt, atau tegangan tinggi horizontal mas. coba di open satu-satu dimana letak yang konslet. seperti itu protek karena ada komponen yg konslet / mati

Post a Comment