Kerusakan Televisi Akari Flat Gracia 21 inch


Advertisement


Model televisi sekarang kebanyakan menggunakan teknologi layar LCD maupun televisi LED, namun masih banyak juga yang memiliki TV dengan CRT analog karena beberapa alasan, selain dari segi harga yang lebih terjangkau. Kadangkala untuk urusan kerusakan, televisi analog memang masih lebih bisa diharapkan untuk diperbaiki.

Salah satu TV keluaran terbaru adalah dari brand Akari, yaitu TV Flat GRACIA dengan ukuran layar 21 inch. Kemarin saya mendapatkan satu pasien televisi merk ini dengan kerusakan tegangan FBT bocor dan tidak ada suara dari speaker. Padahal menurut si pemilik, dia membeli televisi ini belum ada satu tahun, namun sudah mengalami masalah yang serius tersebut.

Ketika saya amati, bunyi bocor tersebut ternyata berasal dari kop karet flyback yang menuju ke CRT, kop tersebut sudah bocor karena karetnya jelek. Langsung saya ganti dan masih ada sedikit kebocoran tegangan anoda. Dengan melakukan adjustment ulang pada tegangan B+ maka kebocoran itu hilang dan gambar dilayar sudah muncul normal.

Masalah pertama selesai, ternyata masih ada satu kerusakan lagi yaitu tidak ada bunyi dari speaker, yang satu ini langsung saya cek bagian penguat audio. Mulai dari speaker, yang ternyata masih bagus, selanjutnya cek pada tegangan 12 volt yang menuju ke IC suara juga masih normal. Nah ketika saya cek IC suara dengan seri CD 7523CS ternyata tidak ada tegangan output dari IC tersebut. Hal ini menandakan IC tersebut tidak bekerja alias mati.

Langsung saya putuskan untuk mencari sparepart IC tersebut, saya keliling toko elektronik di seputaran Wonosari ternyata tidak menemukan IC yang dimaksud. Dan terakhir saya singgah di Podomoro Elektronik, ternyata masih ada satu buah IC AN 7523 yang tersisa. Dan langsung saya amankan, karena memang seri CD dapat diganti dengan AN.

IC segera saya pasang, dan suara sudah dapat terdengar dengan normal. Speaker dan tegangan saya cek semua sudah normal, artinya tidak ada kerusakan lagi pada TV Akari tersebut. Dan service tv akari saya akhirri sampai disitu.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

joe said...

boleh deh nanti kalo tv ku rusak dibenerin hehe

Post a Comment