Bagian-Bagian Televisi yang Sering Rusak


Advertisement
Beberapa bagian televisi sering mengalami kerusakan, sehingga tidak salah kalau menganggap bagian ini merupakan daerah yang rentan dan rawan akan gejala rusak. Yang mana kalau kita melihat kerusakan pada TV kebanyakan adalah mati total, tidak ada gambar, gambar gelap, gambar buram/ blur, tidak ada suara, cacat warna, dsb.

Nah beberapa bagian penting pada pesawat televisi yang sering mengalami kerusakan perlu diketahui untuk mengantisipasi kalau terjadi tv rusak dan meminimalisir penyebab terjadinya kerusakan tersebut.

Umumnya televisi rusak karena beberapa faktor, misalnya karena temperatur yang terlalu panas, karena terkena air, karat, lonjakan tegangan, dll.

Bagian yang sering rusak tersebut tidak sama pada setiap televisi bergantung dari merk dan usia dari TV tersebut. Berikut ini misalnya beberapa tempat yang sering saya temukan mengalami kerusakan dan gejala yang ditimbulkan apabila bagian tersebut rusak.

  1. bagian power supply, televisi akan mati total atau nyala sebentar kemudian mati
  2. bagian transistor horizontal, televisi akan mati atau tidak mengeluarkan gambar pada layar
  3. bagian tuner, televisi akan tidak dapat menangkap siaran
  4. bagian kop flyback atau karet yang menutup anoda ke crt, televisi akan mengeluarkan bunyi berisik karena tegangan anoda bocor
  5. rusak cacat gambar atau ada interferensi, biasanya karena ada bagian komponen listrik yang berkarat atau terkena air


Dan masih banyak lagi sebenarnya. Tiap-tiap merek televisi umumnya memiliki ciri khusus kerusakan yang tidak sama dengan merk lainnya. Untuk kerusakan lain yang lebih banyak sudah saya tulis di blog ini dan akan terus saya update apabila memungkinkan.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment