Macam Macam Komponen Listrik


Advertisement


Setelah kemarin kita membahas tentang cara menghitung nilai resistor, maka kali ini pembahasan yang akan saya tulis masih seputar dunia elektronika dan listrik, yaitu tentang macam macam komponen listrik. Komponen listrik yang dimaksud disini adalah listrik tegangan rendah atau listrik DC, yang mana lebih khususnya adalah mencakup komponen eletronika.

Ibarat sebuah rumah, maka untuk membuat rangkaian elektronika yang lengkap dan dapat bekerja harus diperlukan komponen pendukung, yang mana tiap komponen tersebut memiliki karakteristik, fungsi, serta nama yang berbeda.

Macam Macam Komponen Listrik

Kali ini kita hanya akan membahas secara ringkas tentang macam jenis komponen listrik atau eletronika, sedangkan penjelasan untuk tiap komponen akan kita tulis kemudian. Nah, seperti yang terlihat pada gambar diatas, ada banyak sekali sparepart atau komponen yang dikenal dalam dunia elektronika, diantaranya adalah:

  1. resistor
  2. capasitor: elco, keramik, mylar
  3. transistor
  4. transformator
  5. kondensator
  6. induktor/ coil
  7. relay
  8. kipas/ fan
  9. dioda

Dan masih banyak lagi nama-nama komponen listrik atau eletronika yang ada, namun secara garis besar untuk tiap komponen tersebut memiliki cara kerja yang hampir sama, hanya saja nama dan besarnya nilai untuk tiap komponen berbeda-beda.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment