Macam Jenis Sensor


Advertisement


Pengertian sensor, tentu kita sudah pernah mendengar istilah sensor. Sensor dalam bidang elektronika adalah komponen yang mampu menangkap dan membaca perubahan yang terjadi baik itu cahaya, panas, gerak, suara, dll dan kemudian diterjemahkan menjadi sinyal listrik sehingga dapat dioleh lebih lanjut sesuai keperluan.

Macam Jenis Sensor

Dalam dunia listrik dan elektronika terdapat banyak jenis jenis sensor sesuai cara kerja dari sensor tersebut. Nah, disini kita akan mengulas satu persatu tentang macam macam sensor yang ada, dan artikel ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya tentang macam macam komponen listrik.

  1. Sensor magnet, sering juga disebut dengan sensor buluh, adalah komponen yang akan membaca perubahan medan magnet disekitarnya yang kemudian akan mengakibatkan perubahan pada output dari sensor tersebut.
  2. SEnsor cahaya, disebut juga sensor sinar, adalah komponen yang akan berubah-rubah nilai tahanannya sesuai dengan perubahan intensitas cahaya yang diterima. Biasanya digunakan sebagai skalr on/ off pada lampu penerangan jalan, dll.
  3. SEnsor tekanan, memiliki prinsip kerja tegangan kawat transducer yang berubah-rubah sesuai dengan tekanan mekanis yang diterima, yang kemudian akan di ubah menjadi sinyal listrik.
  4. Sensor kecepatan (RPM), memiliki prinsip kerja yaitu mengukur besarnya pulsa magnetis atau induksi yang ditimbulkan pada saat generator berputar.
  5. Sensor penyandi, disebut juga dengan sensor encoder atau penerjemah, mengubah gerakan linear atau putaran menjadi sinyal-sinyal digital yang akan berbeda pada outputnya.
  6. Sensor suhu atau temperatur, terdiri dari dua keping transducer panas dan dingin yang dipasang bersama. Perubahan suhu akan mempengaruhi kondisi keluaran dari sensor tersebut.
  7. Sensor proximity, sensor ini memiliki kemampuan untuk membaca adanya jenis logam yang berdekatan tanpa harus bersentuhan.
  8. SEnsor ultrasonik., prinsip kerjanya yaitu menangkap pantulan gelombang suara berdasarkan perbedaan waktu yang kemudian akan berpengaruh pada pembacaannya.


Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment