Cara Menghitung Nilai Gelang Warna Resistor


Advertisement


Bagaimana cara menentukan besarnya tiap nilai hambatan pada gelang warna resistor? Cara menghitung nilai gelang warna resistor adalah dengan membaca setiap kode warna pada resistor tersebut yang masing-masing memiliki nilai atau angka yang tidak sama. Namun ini dikhususkan untuk resistor karbon dan resistor umum yang memiliki kode warna sebagai tanda pembacaannya.

Pada jenis resistor tertentu yang memiliki nilai daya atau Watt tinggi, biasanya beesarnya nilai hambatan dan besarnya daya sudah tertulis secara langsung pada resistor tersebut. Sebagai contoh dapat dilihat pada resistor kapur pada penguat audio.

Cara Menghitung Nilai Gelang Warna Resistor

Nah, untuk menghitung nilai kode warna pada resistor harus memiliki data data atau tabel kode warna yang sudah ditentukan sebelumnya. Dan daftar ini merupakan standar internasional sehingga tidak akan keliru dan akan sama dimanapun kita menghitung hambatan pada resistor tersebut.

Mengenai cara menentukan besarnya tahanan pada resistor, daftar tabel kode warna resistor, dan juga cara menghitung nilai kode warna resistor sebenarnya sudah saya tulis dengan lengkap seekitar 2 tahun yang lalu. Bagi kamu yang ingin mempelajarinya silahkan baca artikel ini: Cara Membaca Kode Warna Resistor

Sedangkan cara lainnya untuk mengetahui besarnya hambatan sebuah resistor dapat dilakukan dengan mengukurnya menggunakan multimeter dengan opsi OHM. Dan jangan lupa untuk mengkalibrasi terlebih dahulu setiap kali akan melakukan pengukuran resistor, karena hal ini akan berpengaruh pada keakuratan hasil yang kamu dapatkan.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment