Service TV Cina Gambar Garis-Garis Putih


Advertisement


Televisi keluaran China memang sangat rentan menghalami kerusakan, dan tv dengan mesin cina ini kalau rusak biasanya tidak terlalu rumit untuk di service maupun dicarikan sparepartnya. Inilah salah satu kelebihan brand asal Cina, sudah banyak komponen yang sesuai untuk mesin TV Cina.

Dan yang baru saja saya kerjakan kemarin yaitu salah satu TV merk cina dengan kerusakan gambar garis-garis putih horizontal. Kerusakan seperti ini biasanya agak sulit untuk dideteksi, kalau tidak bagian vertikal kemungkinan besar bagian osilator yang bermasalah.

Namun pada kasus tv cina ini tidak ada blok yang mencurigakan, hampir semua bagian saya sisir tidak mengalami masalah.

Terakhir yang saya curigai adalah bagian blok horizontal tegangan tinggi, yaitu pada daerah dekat flybak. Bagian ini juga sering mengalami kerusakan sejenis, yaitu semacam adanya gangguan atau interferensi pada tampilan layar televisi.

Satu persatu komponen saya teliti, dan elco-elco tegangan tinggi ssaya ganti. Ternyata ada satu elco atau capasitor dengan nilai 22 Uf/ 250 volt yang secara fisik tidak kelihatan rusak, namun setelah saya ganti ternyata gambar sudah normal.

elco tegangan tinggi

Dan kerusakan gambar garis-garis putih itupun dapat diatasi dengan mengganti elco tegangan tinggi pada bagian flyback.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

ahmed jejen said...

makasih nich pencerahaanya sukses dech buat anda

Post a Comment