Service Power Supply DVD Player


Advertisement


Sebuah hal yang mengecewakan ketika lagi asik-asiknya nonton film atau lagu kesayangan ternyata tiba-tiba DVD player-nya mati. Kejadian seperti ini sekarang semakin sering terjadi, karena kebanyakan merk DVD player yang beredar dipasaran memang tidak mampu bertahan lama.

Beda dengan VCD player model lama yang lebih tahan pakai karena sistem kerja dan komponen yang digunakan berbeda dengan DVD model sekarang. Untuk jenis DVD player sekarang ini rata-rata merupakan barang China yang kualitasnya masih diragukan, memang harganya lebih murah namun daya tahan pakainya biasanya berumur pendek.

Bahkan untuk merk-merk ternama seperti Polytron atau Vitron sendiri juga masih rentan mengalami kerusakan, terutama pada bagian power supply dan M-peg. Yang sering terjadi adalah DVD rusak mati karena bagian power supply terbakar.

Kerusakan DVD mati ini sering saya jumpai yaitu kerita service barang-barang lain seperti televisi dan komputer, maka tak jarang para pemilik TV juga mengeluhkan tentang CD player mereka yang rusak.
Untuk memperbaiki power supply sendiri sebenarnya dapat dilakukan, yang sering mengalami kerusakan adalah pada IC power dan dioda, juga fuse. Namun saya lebih suka membeli universal power supply untuk DVD yang sudah tersedia dipasaran.

Dengan harga terjangkau yaitu 20 ribu rupiah maka pekerjaan reparasi DVD akan lebih ringan hanya tinggal mengganti blok power supply saja. Mengenai cara mengganti power supply sendiri sangat mudah, silahkan dicocokkan pin-pin pada soket yang tersedia. Yang terpenting adalah memperhatikan jalur tegangan DC 5 volt, -12 volt, dan +12 volt agar jangan sampai terbalik dalam memasangnya.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment