Cara Menghilangkan Cacat Warna Biru Kemerahan pada Televisi


Advertisement


Seringkali ketika menghidupkan televisi kita temui warna layar TV yang tanpa sinyal akan menjadi biru kemerahan, padahal seharusnya warna tersebut biru bersih. Kerusakan atau cacat warna merah tersebut biasa dinamakan impurity atau gangguan medan magnet, karena memang yang menyebabkan warna menjadi merah karena adanya pengaruh medan magnet, baik itu magnet yang berasal dari perangkat elektronika maupun pengaruh magnet bumi.

Oh ya, sebagai catatan cacat warna seperti diatas hanya terjadi pada pesawat televisi yang menggunakan sistem tabung atau CRT. Untuk LCD TV dan plasma TV tidak akan ada masalah seperti itu, karena komponen yang digunakan sudah berbeda.

Cacat Warna Biru Kemerahan pada Televisi

Nah jadi jangan heran kalau misalnya televisi tabung yang anda miliki habis dipindah tempat atau di ubah arah kemudian muncul masalah cacat warna pada tabungnya. Hal ini karena pengaruh perubahan medan magnet yang tidak sama.

Lalu cara memperbaiki maslah cacat warna tersebut bagaimana? Misalnya kita lihat pada TV TCL yang saya kerjakan, setelah gambar dapat tampil pada layar ternyata masalah yang muncul adalah kerusakan impurity, dan sesuai fungsi degaussing coil yaitu meratakan warna pada tabung akibat adanya impurity, maka cacat warna tersebut dapat dihilangkan dengan memberinya medan magnet yang berasal dari degaussing coil.

Pada pesawat televisi sebenarnya sudah ada degaussing otomatis, hanya saja kadang fungsinya tidak maksimal, tidak seperti pada monitor CRT yang dapat disetel secara manual.

Untuk menghilangkan cacat warna maka kita dapat membuat sendiri degaussing eksternal menggunakan setidaknya 4 coil yang berasal dari televisi, kemudian coil-coil tersebut disambung secara paralel dan dihubungkan dengan saklar serta colokan listrik AC. Nah untuk menggunakannya tinggal dekatkan pada televisi yang warnanya cacat, kemudian nyalakan saklar dan atur sampai cacat warna hilang.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment