Service Kerusakan TV Fujitec Gambar Garis-Garis


Advertisement


Kemarin siang ketika saya sedang santai dirumah, tiba-tiba ada mobil sedan berhenti. Dan ternyata itu adalah seorang klien yang membawa TV merk Fujitec 21 inch, menurut dia kerusakan televisi tersebut adalah gambar garis-garis dan suara masih normal. Katanya, sebelumnya TV tersebut pernah dibawa ke bengkel dengan kerusakan tidak ada warna biru, dan sekarang kembali mengalami kerusakan cacat pada gambar.

Langsung saya coba nyalakan, dan ternyata memang gambar seperti ada interferensi dengan ditandai oleh garis-garis horizontal, dan sama sekali siaran TV tidak dapat ditonton. Saya buka karena penasaran, dan setelah dilihat memang ada gejala kerusakan pada bagian blok horizontal dan vertikal.

Pada blokl horizontal, ada dua elco B+ yang besarnya 220uF/ 250volt yang menggembung, saya coba ganti dan nyalakan. Dan ternyata kerusakan masih sama saja. Saya teliti lagi, rupanya ada satu lagi elco rusak pada bagian tegangan vertikal 12volt. Elco tersebut adalah 470uF/ 35volt.

Setelah elco saya ganti, gambar sudah normal kembali, namun masih ada sedikit cacat garis dibagian atas layar. Saya menyimpulkan itu adalah kerusakan pada IC vertikal. Kemudia saya ganti IC, dan gambar sudah benar-benar normal. Akhirnya selesai juga reparasi TV Fujitec 21 inch.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

rezKY p-RA-tama said...

saya makek tv sony yang lebih tua dari saya mas,,,
awet sampek sekarang...
dilayar atas si ada garis biru lurus mas,,,g banyak c,,,

Anonymous said...

mau nanyanh, tv aq merek china, rusaknya aneh, prtama di hidupin normal tapi klo udah panas mengaris vertikal,aq dh cek blok vertikal mash bagus, apa kira2 auotput yg menuju aic crhoma tdx stabil ya pak, mohon bantuannya makasieeeeeeeeh ?

Dwi said...

@ rezKY p-RA-tama: kalau tv jaman dulu kyk sony gitu emang awet mas,, jarang sekali rusak.

@ Anonymous: bisa jadi itu tegangan yang ke IC vertikalnya yang terlalu kecil. coba di ukur,, kemungkinan karena elco yang rusak atau memang dari power supply tegangan 12 voltnya ngedrop. bisa di adjust lewat VR B+ nya.

Rahman Elektonik said...

tv china kalo panas mau garis vertical biasa saya sering dapati kerusakan nya pada tr penyuplay teg 5v ke ic itu soak,di tandai dengan cepat meningkat nya suhu panas pd tr tsbt.sering di jumpai pada tv china yang memakai ic tunggal,khusus nya votre,ichico,divega dll.

Post a Comment