Repair TV Sharp Tidak Ada Suara


Advertisement
Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya tulis, beberapa hari ini saya mendapat cukup banyak kasus baru dalam hal reparasi televisi maupun komputer. Hanya saja karena kesibukan, belum sempat terdokumentasi semuanya.

Pagi ini saya mendatangi sebuah 'wilayah baru' yang sebelumnya belum bernah saya jamah untuk urusan servis-menyervis. Tepatnya kemarin mendapat SMS dari seorang yang dulu pernah saya perbaiki TV nya, nah saudara orang inilah yang saat ini mempunyai TV rusak.

Berbekal keyakinan dan optimisme, saya berangkat ke daerah tersebut, dengan harapan semoga nanti pekerjaan saya dapat lancar, soalnya lumayan kalau performa pertama baik, biasanya dikemudian hari akan lebih banyak yang percaya.

Setelah saya sampai ternyata saya harus mencari rumah seorang warga yang dulu saya perbaiki TVnya, dia yang dulu pernah saya c3ritakan mempunyai anak perempuan cantik. Oleh bapak tersebut saya diantar ke rumah si pasien tadi, dan setelah bincang-bincang sebentar, saya mulai bekerja.

Ternyata TV yang rusak adalah merk Sharp 14 inch, modelnya saya sudah lupa. Gambar juga tidak sempat saya abadikan. Kerusakannya, tidak ada suara, kadang muncul suara kadang tidak.

Bagian pertama yang saya cek adalah blok amplifier, ternyata tegangan normal. Semua solderan juga bagus, lanjut ke speaker. Nah disini ternyata speaker dipasang secara seri, speaker L dan R. Setelah saya ukur, salah satu speaker tersebut putus spulnya, langsung saja saya sambung hanya sebelah saja.

Di coba dan ternyata sudah ada bunyi normal dari TV, saya jelaskan sedikit ke pemilik, dan dia pun setuju untuk memakai satu speaker saja. TV saya tutup, minum teh, mer0k0k sebentar dan bayaran, pulang.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment