Repair Televisi Polytron 21 Inch Rusak Tuner


Advertisement
Ini pengalaman saya saat repair televisi merek Polytron 21 inch tipe PN 20125 rusak tuner yang termasuk agak aneh. Waktu itu saya mendapat kabar dari salah satu klien tentang keluhan televisi yang tidak dapat menangkap siaran, bahkan tidak ada channel tv yang keluar.

Polytron 21 inch tipe PN 20125

Penyebab dari kerusakan tersebut sebenarnya sudah diketahui, yaitu karena soket antena yang terlalu sering dilepas, terutama pada saat hujan. Memang untuk menghindari televisi terkena sambaran petir, para warga ditempat saya biasa mencabut konektor antena maupun semua yang terhubung ke instalasi listrik pada saat cuaca buruk.

Repair Televisi Polytron 21 Inch Rusak Tuner

Nah akibat dari keseringan dicabut menjadikan permasalahan pada televisi tersebut. Setelah saya teliti memang bagian tuner mengalami patah pada bagian lehernya. Segera saya melakukan inisiatif menyambungnya dengan cara di solder. Selesai ditambah timah solder, saya coba hidupkan dan ternyata kerusakan masih tetap sama.

Berarti kemungkinan kerusakan sudah merembet, segera saya periksa bagian PCB line, dan menyoldernya ulang agar sambungan rangkaian semakin kuat. Saya coba kembali dan tidak juga menemui solusi, akhirnya saya ganti dengan tuner yang memiliki pin/ kaki sama dengan tuner original Polytron, dan saya hidupkan . . dan ternyata masih sama. Tidak juga selesai masalahnya.

Modifikasi Tuner TV

Kebetulan ada TV Polytron lain yang 14 inch masih pending belum diambil si pemilik, saya cabut tunernya dan dipakai untuk mencoba. Eh mau menyala normal, semua channel dapat muncul. Berarti harus diganti tuner original punya Polytron, padahal nyarinya susah. Akhirnya saya urut dan modifikasi jalur PCB pada tuner yang tidak bisa tadi, dan menyamakan dengan tuner originalnya, dan selesailah masalah tersebut. Televisi dapat hidup normal kembali.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment