TV Toshiba 21 Inch Mati Korslet


Advertisement


Sebenarnya kerusakan televisi Toshiba 21 Inch ini bukan hal yang baru, penyebab utamannya juga karena listrik PLN yang kurang stabil bahkan cenderung kekurangan tegangan. Akibat yang sering terjadi adalah pada bagian ACmatic yang terbakar, sehingga kalau TV dicolok ke listrik, maka meteran akan turun dan listrik padam.

Kerusakan yang seperti ini akan sangat membuat panik si pemilik, karena saat mereka menyalakan TV mendadak listrik mati, ini tentu bukan hal yang baik. Saya sering memperbaiki hal yang seperti ini, yang paling parah harus mengganti banyak komponen di daerah power supply, dan yang kemarin baru kejadian ternyata solusinya lebih ringan.

Televisi Toshiba tersebut kalau dinyalakan akan membuat listrik turun atau mati lampu, dan selanjutnya setelah MCB pada meteran dihidupkan, TV dapat terus menyala normal. Jadi yang berat hanya pada saat tegangan starting atau angkatannya saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat sederhana. Cukup ditambahkan satu unit inverator TV seharga 17 ribu, maka TV tidak lagi akan menyebabkan listrik turun. Bisa juga dengan cara menambahkan tahanan secara langsung pada bagian input ACmatic didalam TV.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment