Televisi Panasonic Rusak Remote Control


Advertisement


Dua hari yang lalu saya mendapat satu kerusakan pada televisi Panasonic 21 inch, jenis kerusakannya yaitu hilang channel atau tidak dapat menangkap siaran dari stasiun TV. Menurut keterangan si pemilik, tanpa sebab yang jelas tiba-tiba televisi tidak dapat dipindah baik dari remote control maupun dari menu buttonnya.

Karena belum mengecek secara keseluruhan, saya keburu membuka casing TV tersebut. Dibagian dalam saya cek ternyata tidak ada bagian yang rusak, semua tegangan normal. Bagian tuner juga tida bermasalah. Nah usut punya usut ternyata waktu saya periksa remote control-nya, lampu laser tidak menyala dengan baik.

Memang ketika di test menggunakan kamera HP masih menyala, namun hanya redup dan kemungkinan tidak mengenai sensor TV. Saya pastikan lagi dengan ganti baterai, ternyata tetap sama saja.

Nah kesimpulannya saya yakin itu yang menyebabkan TV tidak dapat dipindah channel. Saya carikan remote factory punya Panasonic dengan harga 15 ribu. Ternyata TV dapat berfungsi normal kembali. Selesai sudah satu pekerjaan, minum teh, makan kue, merokok, bayaran, dan pulang.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

arol's said...

kalo punya ane tv LG, remotenya agak error
kdg bisa bwt gnti channel kdg gk bisa,
udah gnti baterai baru tetep sama aja
mohon solusinya

Dwi said...

@ arol's: itu bisa karena lapisan karbon pada kaet remote-nya udah aus. coba dibuka trus dibersihkan. atau solusi lainnya, lapisan karbon ditambah kertas alumunium sebagai penghantar. cara ini lumayan buat alternatif

arol's said...

tiap hari jg udah ane brsihin,,
makasih solusinya

Post a Comment