Service TV Akari Rusak Mati Total


Advertisement
Beberapa hari yang lalu saya mendapat satu pasien yang sebenarnya kerusakannya termasuk standar saja. Yaitu sebuah televisi merk Akari 14 inch yang rusak mati total, ketika TV dihidupkan hanya ada suara mencicit seperti halnya ada komponen yang short. Dan memang benar, waktu saya buka dan amati, kemungkinan besar bagian horizontal mengalami kerusakan.

Service TV Akari Rusak Mati Total

Untuk ukuran service televisi maupun monitor CRT, rusak bagian horizontal terutama pada penguat tegangan kolektor adalah hal yang wajar, ini dikarenakan area horizontal memang memiliki tegangan kerja tinggi dan selalu terkena panas berlebih.

Jika dalam kasus biasanya, rusak horizontal bukanlah hal yang rumit, kecuali dalam kasus saya kemarin sewaktu menemukan kerusakan pada TV Sharp rusak flyback yang ternyata berbuntut panjang.

transistor horizontal

Pada TV Akari ini seperti halnya TV yang lain, saya cek transistor horizontal dan ternyata memang short. Karena belum memiliki sparepart, TV saya pending hingga besosk harinya saya baru beli transistor.

Setelah saya pasang, ternyata TV sudah dapat menyala normal dan selesailah satu kerjaan. Tinggal menerima bayaran,, hehe. Tapi sekarang ini saya masih memiliki satu tanggungan yaitu ganti mesin TV karena memang satu TV yang sudah rusak cukup parah, kalau jadi akan saya kerjakan siang ini.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment