Service DVD Player Rusak 'No Disc'


Advertisement


Siang ini tiba-tiba ada orang datang yang katanya dia punya DVD player rusak dan kalau dihidupkan selalu muncul pesan 'no disc'. Sebenarnya saya agak malas untuk menjenguk kerumahnya, namun karena sudah menjadi tanggung jawab, ya mau gimana lagi. Saya mengalah dan datang kerumahnya untuk mengecek kondisi DVD player tersebut.

Ternyata DVD itu baru dia bawa kemarin dari Jogja, padahal disana katanya baik-baik saja. Setelah sampai di Gunungkidul, dia nyalakan tidak mau berputar dan selalu muncul pesan 'no disc'. Anggapan saya, kemungkinan jadi masih ada, karena awalnya barang masih bagus trus tiba-tiba rusak seperti itu.

Padahal kalau biasanya VCD player yang rusak jarang saya terima karena kemungkinan untuk jadi sangat kecil. Apalagi kalau kerusakannya sudah masuk blok m-peg atau power supply, maka harus mencari dari tipe sejenis untuk dapat digunakan untuk menggantinya.

Namun DVD yang ini karena baru rusak sehari, kemungkinan untuk menyala lagi masih ada, harapan saya. Segera saya buka casingnya, melihat kedalam ternyata memang berdebu dan kotor. Bahkan banyak debu yang menutupi bagian mekanik sampai ke optiknya.

Setelah saya lihat optik, ternyata penyakitnya sudah kelihatan. Lensa optik tertutup oleh debu yang tebal, yang kemungkinan karena terlalu banyak miring pada saat dibawa menjadikan kotoran tersebut menyangkut pada optik. Segera saya bersihkan dengan kuas, dicuci dengan pembersih optik, dan saya nyalakan.

Ternyata DVD sudah menyala kembali. Alhamdulillah, satu pekerjaan selesai. Tinggal satu televisi lagi yang harus saya kerjakan hari ini, dan saya bisa kembali fokus pada kerjaan saya yang lain.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment