Rusak Flyback, TV Sharp Ganti Mesin China


Advertisement
Kemarin mendapatkan satu masalah yang lumayan klasik, satu TV Sharp 21 inch tipe 51V20MS mengalami kerusakan flyback bocor. Memang menjelang musim hujan begini sangat banyak televisi yang mengalami kerusakan flyback, alasannya simpel, karena udara yang menjadi lembab menyebabkan tegangan anoda flyback menyembur keluar dan menimbulkan suara mendesis dan keluar percikan bunga api.

TV Sharp 21 inch tipe 51V20MS

Untuk mengatasi masalah FBT bocor seperti diatas sebenarnya dapat diantisipasi dengan menambal bagian yang bocor, hanya saja kadang tidak bertahan lama masalah yang sama akan muncul lagi. Apalagi cuma mengandalkan lem bakar, rasanya ragu-ragu kalau hanya ditambal.

Solusi yang paling bagus adalah ganti flyback dengan yang baru, kalau di Gunungkidul kisaran harganya untuk flyback cina sekitar 43ribu ripuah. Namun dalam kasus saya kemarin, setelah diganti flyback ternyata masih ada kerusakan kedua yaitu bagian vertikal terbakar yang mengakibatkan gambar hanya bergaris mendatar.

Setelah komponen blok vertikal diganti, ternyata kerusakan paling rumit muncul. Ada garis-garis kecil yang muncul dalam gambar, kalau sudah bagini bakalan rumit karena komponen yang rusak biasanya sangat sulit ditemukan.

Karena terlalu menyita waktu dan masih banyak pekerjaan lain, saya memutuskan untuk mengganti mesin saja dengan mesin tv china yang dijual dipasaran dengan harga 160ribu. Setelah mesin diganti, tidak muncul masalah yang berarti, hanya perlu adjust warna dan mengatur lebar gambar.

Advertisement