Modifikasi Degaussing Coil Saat Ganti Mesin TV


Advertisement
Proses ganti mesin televisi memang memerlukan ketelatenan dan ketelitian dalam hal modifikasi agar antara tabung (CRT) dari TV lama dapat cocok dipasang dengan mesin TV China yang baru. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan menganti mesin televisi antara lain adalah bagian pin CRT, yoke, lebar gambar (horizontal dan vertikal), kecerahan screen, warna gambar, soket, pemasangan button menu, dan banyak lagi.

Dahulu saya juga sudah pernah menulis tentang proses penggantian mesisn TV pada CRT 21 inch, selengkapnya bisa anda baca disini. Nah dari banyak faktor yang perlu diperhatikan seperti yang saya tulis diatas, kali ini kita hanya akan membahas satu hal saja yaitu tentang soket, atau menyesuaikan soket pada mesin TV yang baru dengan soket CRT dan menu pada cover TV lama.

Untuk mengerjakan hal ini perlu ketekunan, karena disini kita dituntut kreatif untuk melakukan modifikasi, misalnya pada bagian tombol menu depan. Ukuran dan letak tombol menu antara TV lama dengan mesin yang baru jelas tidak sama. Harus dilakukan pergeseran, modif resistor, pemasangan, dll. Kalau untuk pemasangan biasanya saya menggunakan lem bakar karena lebih praktis dan tidak merusak rangkaian.

Modifikasi Degaussing Coil Saat Ganti Mesin TV

Nah seperti yang saya tulis pada artikel sebelumnya kemarin, saya masih punya satu tanggungan yaitu mengganti mesin TV dengan mesisn Cina. Dan satu masalah yang ditemui adalah letak soket degaussing coil pada CRT tidak sama dengan mesin TV yang baru. Untuk menyesuaikan, perlu dilakukan sedikit pemutaran pada degaussing, seperti terlihat pada gambar diatas. Karena soket aslinya berada disebelah kiri, sedangkan pada mesin yang baru berada disebelah kanan, maka kita perlu melepas ikatan degaussing adn memutarnya, serta mengganti soketnya dengan yang lebih besar.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

saya psang mesin tv wansonic 14 inchi, kok gambar kurang lebar atas bawah dan elco 4.7uf/160v(c444) dekat h-out meledak?kira2 pnyebabnya apa ya mas?mas bsa kirim jawaban nya ke email saya romi3036@yahoo.com

terima kasih.

Post a Comment