Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri & Hang


Advertisement


Banyak dari pengguna notebook yang mengeluhkan masalah laptop sering mati sendiri ketika sedang digunakan untuk melakukan browsing atau bekerja. Diantara yang menemui masalah tersebut ada juga yang coba-coba mencari tahu apa penyebab laptop sering hang dan suka ngadat apalagi kalau sudah lama digunakan. Bagi orang yang awam akan perangkat dalam komputer mungkin akan lebih suka menyerahkan masalah tersebut kepada teknisi komputer yang sudah berpengalaman, namun jika anda ingin mencoba memperbaiki sendiri kerusakan notebook sering mati tersebut maka mari kita kenali baik-baik apa saja penyebab serta pencegahannya.

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri & Hang

Laptop yang digunakan dalam batas wajar sangat jarang mengalami masalah sering macet atau mati tiba-tiba, namun jika perangkat komputer tersebut dipaksa untuk kerja ekstra maka bukan tidak mungkin akan menurunkan kinerjanya, bahkan dapat merusak hardware dari laptop tersebut.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan laptop sering restart sendiri terutama untuk penggunaan yang lama? Kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut tidak terlepas dari kebiasaan kita menggunakan laptop yang berlebihan, karena terlalu lama dinyalakan akan menyebabkan suhu didalam laptop menjadi panas, sehingga hardware didalamnya menjadi overheat dan tidak dapat bekerja maksimal.

Apabila anda ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama alangkah baiknya kalau disediakan pendingin cadangan, bisa dengan kipas eksternal atau dengan cooling pad. Dengan begitu maka laptop anda akan tetap prima meskipun digunakan berjam-jam, karena panas didalam laptop dapat terbuang dengan sempurna.

Beberapa kiat menjaga kondisi laptop dan menghindari kejadian laptop mati sendiri yang dapat anda lakukan antara lain dengan senantiasa membersihkan debu-debu yang menghalangi ventilasi pembuangan panas dari dalam body laptop. Anda juga dapat melakukan pengecekan secara rutin terhadap Thermal paste atau silikon yang melekat pada processor, karena seringkali akibat dari Thermal paste yang sudah kering menyebabkan laptop mati setelah digunakan beberapa saat. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang tips merawat laptop agar anda mengetahui apa saja kiat-kiat untuk menjaga kondisi laptop tetap prima dan siap digunakan untuk bekerja.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment