Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer


Advertisement


Yang akan kita bahas kali ini adalah jenis-jenis topologi jaringan komputer serta beberapa macam perbedaannya yang mungkin belum semua dapat diketahui. Salah satu topologi yang banyak digunakan saat ini adalah topologi BUS, pengertian topologi bus adalah salah satu jenis jaringan komputer yang menggunakan terminator pada kedua ujung jaringan tersebut. Topologi BUS banyak digunakan pada sistem jaringan client/ server yaitu satu komputer digunakan sebagai pendistribusi data atau server sedangkan yang lainnya adalah sebagai client.

Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

Kelebihan topologi BUS dalah ketika satu client atau satu workstation mau dikembangkan maka tidak akan memberikan dampak apapun pada client yang lain. Sedangkan kelemahan atau kekurangan topologi bus yaitu rentan akan kerusakan apabila terjadi gangguan pada kabel pusat. Ketika jaringan kabel pusat mengalami kerusakan, otomatis semua unit akan ikut rusak.

Sebenarnya selain topologi BUS masih ada beberapa jenis-jenis topologi jaringan yang memiliki karakteristik berbeda-beda, diantaranya seperti topologi star, topologi ring, topologi linier, atau selengkapnya tentang macam-macam topologi jaringan pada komputer dapat anda baca pada artikel terdahulu disini: Pengertian Topologi Jaringan

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment