Jenis Gambar Bitmap


Advertisement


Pengertian gambar bitmap: Gambar bitmap adalah jenis gambar yang dikenal sebagai duplikasi alami dari kondisi yang sebenarnya dari obyek yang disimpan kedalam bentuk file gambar. Gambar bitmap terbentuk dari pixel-pixel kecil yang berupa titik dan menjadi kelihatan sangat jelas kumpulan titik tersebut apabila gambar diperbesar.

Jenis gambar bitmap ini biasa digunakan untuk keperluan grafis digital yang berhubungan dengan menggambar melalui komputer. Kualitas gambar bitmap bergantung pada kepadatan pixel yang terdapat pada gambar tersebut, semakin banyak titik-titik yang membentuk gambar tersebut maka semakin tajam gambar yang dihasilkan, begitu juga sebaliknya.

Gambar Bitmap

Gambar bitmap memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat disimpulkan kurang lebih sebagai berikut:

Kelebihan gambar bitmap yaitu kemampuan untuk menampilkan obyek yang natural sesuai dengan kondisi obyek yang sebenarnya. Gambar bitmap juga sangat cepat jika ditampilkan pada layar monitor karena jenis gambar ini dapat ditransfer secara langsung dari file-nya kedalam komputer.

Sedangkan kekurangan yang dirasakan dari jenis gambar bitmap adalah kualitas gambar yang berubah seiring dengan perubahan ukuran dari gambar ini. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, maka harus ditentukan ukuran gambar yang tepat dengan jumlah pixel yang tepat pula.

Apabila gambar bitmap dikompres terlalu kecil, maka kualitas dari gambar tersebut akan menurun dan hal ini dapat dilihat dari gambar yang kasar dengan titik-titik yang sangat jelas. Selain itu, untuk penggunaan yang efisien, maka anda harus dapat menentukan jenis file gambar yang tepat pula, karena file gambar berformat BMP (Bitmap) memiliki ukuran yang besar.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

HALAMAN PUTIH said...

Kalau Jpeg format ukurannya mungkin lebih kecil ya, tapi kalau gambarnya diperbesar bisa pecah.

Dwi said...

@ HALAMAN PUTIH: iya, atau yang lebih sering digunakan lagi bisa memakai format PNG.

Post a Comment