Cara Menyambungkan Laptop ke LCD Proyektor


Advertisement


Mungkin ini adalah hal yang sudah biasa, yaitu bagaimana cara menyambungkan laptop ke LCD proyektor dengan benar. Pertanyaan ini muncul ketika saya kemarin mengikuti suatu presentasi dan ternyata ada sedikit kendala saat notebook yang akan digunakan presentasi hendak dihubungkan dengan LCD proyektor.

Cara menyambungkan laptop ke LCD proyektor

Secara sederhana pasti kita sudah tahu sistem kerja LCD proyektor yang mana untuk dapat menampilkan gambar pada layarnya harus ada input signal, signal tersebut dapat berupa signal VGA dari komputer dan juga signal video yang dapat diambil dari televisi.

Tidak ada settingan khusus yang perlu diperhatikan manakala kita hendak menghubungkan laptop ke LCD proyektor, apalagi kalau proyektornya sudah memiliki sistem otomatis untuk mendeteksi sinyal input, maka kita tinggal colok dan LCD proyektor akan dapat membacanya. Namun jika proyektor yang digunakan masih menggunakan sistem manual maka kita harus menentukan input yang tepat, nah disinilah kadang yang membuat bingung.

Pastikan kalau anda ingin menghubungkan laptop ke LCD proyektor misalnya, maka yang dipilih pada input proyektor adalah signal dari VGA, dan bila yang ingin disambungkan ke proyektor adalah televisi maka inputnya adalah video.

Beberapa merek proyektor mungkin memiliki interface yang tidak sama, namun intinya adalah sangat sederhana. Dan kalau ingin menyambung PC atau laptop ke LCD proyektor maka yang diperlukan adalah signal kabel VGA yang dicolokkan ke VGA laptop. Kemudian tekan bersamaam tombol keyboard Fn dan F8, maka laptop akan tersambung ke proyektor secara otomatis.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment