Penyebab Listrik Naik Turun


Advertisement


Kalau mencari tahu apa penyebab listrik naik turun sepertinya sangat banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Listrik PLN yang ada dirumah-rumah penduduk merupakan listrik dengan arus bolak-balik (AC) yang sewaktu-waktu tegangannya dapat naik turun karena adanya lonjakan.

Penyebab listrik korslet atau kebakaran akibat hubungan pendek listrik kadang ada kaitannya dengan tegangan listrik yang kurang stabil. Kalau kita melihat penyebabnya, rasanya ada kaitan dengan pusat pembangkit tenaga listrik PLN, karena banyaknya supply yang harus dipenuhi mengakibatkan terjadi penurunan tagangan terutama di jam-jam malam.

Lokasi yang jauh dari pusat pembangkit listrik dan sistem pengkabelan yang kurang sempurna juga dapat menyebabkan tegangan listrik tidak stabil. Misalnya diwilayah pedesaan yang jauh dari tiang utama, atau pada instalasi yang menggunakan kabel dibawah standar maka kemungkinan naik turun tegangan lebih besar.

Dampak dari listrik yang naik turun ini sangat terasa pada perangkat elektronika, misalnya pesawat televisi atau komputer, tak heran kalau kita menjumpai hardisk rusak bunyi atau komputer mati.

Adanya lonjakan tegangan listrik yang tiba-tiba dapat menyebabkan supply tegangan yang masuk ke perangkat elektronika tidak stabil, akibat umumnya adalah kerusakan baik yang serius maupun ringan. Pada kasus berat akan mengakibatkan hubungan singkat dan terbakar, sehingga tak heran kalau sering terjadi kebakaran akibat dari listrik yang terhubung singkat.

Untuk mengatasi masalah listrik PLN tidak stabil ini dapat menggunakan stabilizer tegangan atau yang lebih bagus menggunakan UPS.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Heri Sutrisno said...

Gimana cara mengetahui peralatan listrik yang konslet

Post a Comment