Penyebab Hardisk Rusak Bunyi


Advertisement


Masalah HDD bunyi kletek-kletek bukan hal baru lagi, penyebab harddisk bunyi atau bunyi beep pada komputer merupakan kerusakan yang sangat sering kita temui. Kalau dilihat prosentasenya, kerusakan penyebab harddisk rusak merupakan kasus yang paling banyak menimpa hardware komputer.

Memang kalau dilihat dari fungsinya, harddisk adalah komponen yang paling sering di utak-atik, baik itu untuk keperluan instal ulang, format, ataupun di bongkar pasang untuk proses pemindahan data.

Penyebab Hardisk Bunyi

Apa Penyebab Hardisk Bunyi?

Dengan semakin bertambahnya umur pemakaian sebuah harddisk menjadikan penyebab utama mengapa sering terjadi bunyi pada harddisk, dan tak jarang ditemui juga kasus hang sektor yang sudah tidak dapat lagi diperbaiki.

Hampir semua jenis harddisk baik itu IDE maupun SATA berpeluang mengalami kerusakan bunyi, bahkan untuk merk-merk terkenal seperti Seagate, Maxtor, dll juga tidak luput dari kerusakan tersebut. Menurut pengamatan saya, merk Maxtor cenderung sering mengalami rusak bunyi jika umur pemakaian sudah sangat lama.

Penyebab HDD rusak bunyi yang lainnya biasanya karena terlalu sering jatuh atau peletakan yang miring. Untuk mengantisipasi kerusakan bunyi berkelanjutan, pastikan selalu memasang harddsik dalam posisi kuat dan seimbang. Untuk hardisk eksternal, ada baiknya meletakkannya pada alas yang tidak goyang, hal ini bertujuan menghindari piringan didalamnya terganggu akibat salah peletakan.

Penggunaan power supply yang kurang memenuhi standar dapat juga menjadi pemicu hardisk bunyi. Sebagai pencegahan, pastikan komputer anda menggunakan power supply yang memiliki kualitas bagus. Kalau perlu, bandingkan beberapa merk power supply dan ambil yang sekiranya memenuhi standar tegangan pada PC.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Eko Prih H said...

Oke bos... thanks infonya.

Andreas Wiranto said...

Oke

Post a Comment