Cara Agar Laptop Tidak Lambat & Lemot


Advertisement


Saat ini bisa dibilang komputer merupakan perangkat utama yang menunjang hampir semua keperluan, banyak yang bingung tentang cara agar laptop tidak lambat loading atau cara agar laptop tidak cepat panas pada saat pemakaian. Memang kalau dilihat dari segi fasilitas, kenyamanan, serta ukurannya, notebook atau laptop sangat sesuai untuk mereka yang mempunyai kesibukan tinggi.

Laptop dapat dengan mudah dibawa kemana saja, dan segala kelengkapan yang ada didalam laptop tidak kalah dengan PC dekstop. Hanya saja kadang timbul masalah ringan maupun kerusakan berat yang menyebabkan kita kesulitan untuk mengatasinya.

Penyebab Laptop Lambat Loading

Dengan banyaknya program yang terinstal didalam laptop dapat mengakibatkan timbulnya masalah yang tidak mengenakkan, yaitu kinerja laptop menjadi menurun. Beberapa sebab umum sebuah netbook menjadi lambat loading biasanya karena masalah dibawah ini:

  1. Terlalu banyak program yang terinstal
  2. Kapasitas RAM penuh, bahkan tidak mencukupi
  3. Menumpuknya temporary file
  4. Masalah anti virus yang tidak sesuai
  5. Sistem file yang hilang
  6. Koneksi internet yang lambat
  7. Masalah hardware, overheat


Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab laptop lambat seperti yang disebutkan diatas, hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah apa saja langkah pencegahan atau penanganan untuk masalah tersebut.

Untuk mengatasi laptop cepat panas atau lambat loading, hal pertama yang harus diperhatikan adalah selalu memonitor kinerja dari laptop tersebut. Sering karena terlalu sibuk kita tidak memeperhatikan 'kesehatan' laptop kita.

Selalu kosongkan 'tempat sampah' agar tidak terlalu memakan space hardisk. Periksa kembali apa saja program yang telah terinstal didalam laptop, jika dirasa tidak diperlukan lagi, remove program yang menumpuk tersebut toh kita masih memiliki file instalernya.

Jika anda menggunakan program security atau anti virus, pilih anti virus yang benar-benar dapat bekerja smart dan jangan menginstal anti virus ganda. Hal ini tidak akan menolong, justru akan terjadi konflik sehingga kerja laptop menjadi berat.

Periksa juga semua aspek pada laptop mulai dari sistem file, temporary file, space memory, dan lain sebagainya. Hal penting lainnya yang tidak dapat diabaikan yaitu pada bagian hardware. Periksa kembali apapakah RAM yang terpasang saat ini sudah kompatible dengan kerja dari laptop anda? Kalau perlu lakukan upgrade RAM dan harddisk agar ruang penympanan lebih longgar. Perhatikan juga temperature laptop pada saat bekerja, jika diperlukan tambahkan cooling pad agar panas dapat terbuang dengan sempurna.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Sudy lasmana said...

gan mau tanya, sebelumnya saya pake windows 8 pro di toshiba satalite L645 tapi makin lama makin berat jalan windowsnya.. trus saya instal ulang dengan windows yang sama malah makin berat gan trus saya instal pake windows 7 sama juga gan malah tidak mau kelihatan dekstopnya... kenapa bisa begitu gan.
terimakasi sebelumnya, mohon bantuannya gan.. :-)

ridwan ogahpusing said...

minta ganti yang baru tu brooooo

indra tanahmerah said...

mas broe mo tanya ...netbook zyrex lm1215 saya lemot banget padahal blm terinstal apa2 ...buat booting aja masukx lama...kira2 masalahx apa ya ?maksih seblumx...

hery doank said...

zyrex udah bangkrut

Anonymous said...

Masalah kita sama, dan sudah saya telusuri penyebabnya dapat terdeteksi pada task manager. Silakan cek pada memory usage. Disana akan terlihat aktifitas pemakaian pada PC / Laptop kita. Padahal kita tidak menjalankan aplikasi namun indikator pada MEMORY USAGE sangat tinggi. Ada kemungkinan ini virus yang telah menginjeksi di dalamnya yaitu : svchost.exe. Dapat di delete manual ato silakan ikuti petunjuk dari mbah google, maaf gan...petunjuknya panjang banget dan gak mungkin ane tulis semua disini. Semoga membantu.

Post a Comment