Sistem Biner


Advertisement


Penjelasan tentang pengertian sistem biner ini akan membawa kita pada pemrosesan data pada komputer sebelum data-data tersebut menjadi informasi. Data yang diproses didalam komputer tersebut terkait dengan adanya sistem bilangan biner atau istilah bahasa Inggris-nya Binary System.

Pada saat data-data didalam komputer diolah menjadi informasi, maka komputer menggunakan satu program yang tersimpan dalam memory komputer, dan program tersebut berbentuk bilangan dan dinamakan dengan sistem bilangan berbasis 2 atau sistem biner.

Sistem biner hanya memiliki dua digit angka yang merupakan bilangan digital, dua angka tersebut yaitu 0 dan 1.

Lalu seperti apa contoh sistem biner atau penerapan bilangan biner yang digunakan untuk menerjemahkan bilangan biasa? Contoh penggunaan bilangan biner dapat kita lihat pada penulisan angka 210, lihat uraian dibawah ini:

Sistem Biner


Sedangkan bagaimana cara mengkonversikan bilangan basis 2 atau bilangan biner menjadi basis 10 untuk bilangan biner adalah seperti contoh dibawah ini, kita ambil contoh pada bilangan 11011:

Sistem Biner

Dari perhitungan diatas dapat kita lihat kalau bilangan biner 110011 jika dikonversikan ke basis 10 menjadi bilangan 27.

Nah demikian sedikit pembahasan tentang cara menghitung bilangan biner maupun definisi sistem biner yang masih satu topik dengan kode ASCII, dilain waktu kita akan meneruskan pembahasan tentang apa itu Bit, Byte, Input Devices, dan masih banyak lagi. Semoga membantu.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

tomi said...

wahh pelajaran saya waktu kuliah nih mas :D

btw domainnya jadi di move ke akun mas dwi? PM melalui halaman kontak di blog saya untuk akun email dan customer number godaddy nya ya mas..

Dwi said...

@ tomi: iya jadi mas,, nati saya pm ya mas, ini lagi full hehe

Post a Comment