Service Blender Rusak Mati


Advertisement


Sudah sangat lama rasanya saya tidak menulis seputar utak-atik barang elektronika di blog ini, kali ini yang akan saya arsipkan adalah tentang service blender mati, karena beberapa waktu lalu ada pasien yang mengeluhkan blendernya rusak ngadat dan tidak bisa berfungsi secara normal.

Blender tersebut ber-merk Niko Nasional MX-BG4N, kalau dilihat dari kerusakannya sepertinya memang cara memperbaiki blender agak mudah dibandingkan perangkat elektronika lainnya.

Komponen utama blender terdiri dari motor listrik dengan kumparannya, serta beberapa saklar pengatur kecepatan motor. Dari kerusakan yang terlihat yaitu blender mati total, maka ada kemungkinan yang mengalami masalah pada bagian kabel AC, saklar, atau motor listrik-nya.

Service Blender Rusak Mati

Setelah saya bongkar dan teliti, ternyata baik kabel maupun saklar masih berfungsi dengan baik. Dilihat secara fisik, kondisi motornya pun tidak ada yang terbakar, kumparan masih dalam keadaan utuh.

Hampir putus asa juga karena tidak menemukan titik terang, namun akhirnya saya membandingkan konsep kerja blender yang hampir mirip dengan kipas angin. Kalau dalam kipas angin jika tidak mau berputar, bisa saja yang mengalami kerusakan adalah bagian kapasitor sampai dengan kumparan yang putus.

Segera saya bongkar rotor motor listriknya, dan ternyata setelah dibuka-buka bagian dalam, motor listrik blender tersebut memang mengalami masalah. Pada sambungan antara kawat email dengan kabel yang menuju saklar mengalami semacam karatan sehingga tidak dapat tersambung dengan sempurna. Segera saya bersihkan dan solder ulang, sekalian semua bagian yang dicurigai saya solder ulang. Dan ternyata blender pun dapat menyala normal kembali, sehingga selesailah reparasi blender mati yang ternyata agak memakan waktu.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment