Ganti Mesin Televisi TCL 14 inch Dengan Kit Cina


Advertisement


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan satu kasus kerusakan televisi TCL 14 inch yang lumayan parah. Gejala kerusakannya adalah televisi mulanya mati total, setelah saya ganti transistor power supply tv bisa hidup kembali. Namun kerusakan masih belum sembuh karena ternyata terdapat cacat suara dan channel tv tidak mau tersimpan.

Tadinya saya menyimpulkan IC memory yang rusak, namun setelah saya ganti IC memory ternyata masih sama saja. Kalau masalah audio yang cacat, segera saya ganti IC suara dan sudah dapat disembuhkan.

Nah, yang membuat pusing untuk memperbaiki masalah channel yang error dan tidak dapat di program secara otomatis. Mulai dari tuner, IC program, dan komponen lain saya telusuri namun tidak menemukan jawaban yang tepat.

Karena kebetulan sudah mendekati lebaran, saya tidak mau berpusing-pusing ria. Segera saya vonis ganti mesin saja, dengan mesin TV Cina yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Dan proses service TV TCL 14 inch itupun saya sudahi dengan acara bongkar mesin yang lama dan di ganti mesin baru keluaran China. Lumayan satu pekerjaan kelar dan tidak menyusahkan lagi.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

JANGAN DIKLIK said...

Kayak sepeda aja mas. Nekjika sudah parah, daripada beli bekas, mendingan ganti BPKBnya ya :D

holicshare said...

Tv china saya setiap ngidupin pas pertama kali pasti nunggu si tv pindah2 chanel sendiri , bisa 1 sampai 3 menitan . kalau udah ya gambar normal lg . gak tau deh knapa .
barang murah bikin susah !
nice share :)

Post a Comment