Service Laptop Tidak Tampil Gambar Pada Layar LCD


Advertisement


Kerusakan pada laptop sangat beragam, mulai dari laptop mati total sampai masalah penyebab laptop tidak tampil gambar paca layar LCD. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendapat kerusakan LCD laptop tidak bekerja atau tidak hidup adalah dengan memastikan letak kerusakannya ada pada LCD sreen atau pada motherboard.

Gejala yang sering muncul pada laptop rusak LCD tidak mau menampilkan gambar adalah, power supply masih bekerja, kipas pendingin masih menyala, pada saat dihidupkan, laptop dapat hidup normal ditandai dengan booting dan bunyi harddisk.

Untuk gejala seperti di atas, kemungkinan besar yang mengalami kerusakan adalah pada bagian LCD. Pengecekan dapat dilakukan dengan menggunakan monitor eksternal, sambungkan notebook atau laptop dengan monitor eksternal melalui soket VGA yang tersedia. Jika ternyata laptop dapat hidup normal, maka dapat dipastikan bagian LCD yang rusak.

Beberapa jenis kerusakan pada LCD laptop yang sering dijumpai adalah, lampu latar mati, blok inverter mati, dan videoboard rusak. Untuk mengeceknya, bisa dengan melepas lampu latar, perhatikan kedua ujungnya. Kalau gosong atau patah disalah satu ujungnya, maka dapat dipastikan lampu latar mati.

Untuk mengetest bagian inverter, lakukan pengukuran pada tegangan input dan output inverter. Jika input normal dan output tidak ada tegangan, maka dapat dipastikan inverter rusak. Komponen yang rusak umumnya adalah trafo atau transistor.

Sedangkan untuk mengetest bagian blok video, maka terlebih dahulu rangkaian inverter harus sudah bekerja normal. Jika inverter normal tetapi gambar tetap tidak mau tampil pada layar, maka kemungkinan besar bagian videoboard rusak.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Quantum Artikel said...

laptop ane sering kedip2 LCDnya pak. tak tanya ke servis sih katanya konektornya. hmm.

salam.

Post a Comment