Reparasi TV TCL: Jenis Kerusakan Cacat Gambar


Advertisement


Televisi TCL

Kemarin siang mendapatkan satu pasien televisi TCL 14 inch tipe 1497AT dengan jenis kerusakan gambar pada layar cacat/ kadang hanya garis-garis. Untuk melakukan reparasi kerusakan seperti ini, sepertinya tidak begitu rumit.

Memang televisi merk TCL dengan umur pemakaian sudah lama, banyak yang mengalami masalah atau rusak, biasanya kerusakan terjadi pada daerah tuner sampai dengan flayback. Kalau tv keluaran Cina seperti merk TCL rusak, biasanya dapat diatasi dengan mudah, jika terpaksa pun bisa diganti mesin karena masih ada fasilitas remote service mode yang akan memudahkan kita melakukan pengaturan menu factory.

Saya sendiri pernah beberapa kali menangani televisi merk TCL dan sejenisnya, kerusakan yang dijumpai mulai dari channel siaran yang tidak mau tersimpan, flyback bocor, sampai dengan karusakan mati total. Salah satu dokumentasi tentang kerusakan televisi TCL pernah saya tulis pada artikel Service TV TCL.

Kali ini mendapatkan lagi kerusakan yang lumayan yaitu tampilan gambar kadang cacat seperti ada interferensi dan bahkan kadang hanya ada garis horizontal. Kalau tv di pukul-pukul, maka gambar kadang masih bisa muncul lagi.

Mengetahui gejala tersebut, maka dapat disimpulkan kalau daerah yang bermasalah ada pada blok vertikal yang biasanya mengalami crack atau open solder. Segera saya solder ulang pada bagian-bagian yang sekiranya mengalami panas tinggi, terutama bagian IC vertikal.

Setelah selesai, televisi dihidupkan dan ternyata gambar sudah normal kembali. Tapi ada masalah baru setelah televisi dipasang antena, yaitu tidak dapat menangkap siaran dengan sempurna. Mulanya saya curiga pada bagian tuner, namun ternyata setelah di cek, yang mengalami kerusakan adalah pada socket antena.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Quantum Artikel said...

mantab nih ada caranya.


salam.

Anonymous said...

Gan tv TCL saya sering mati2 sendiri kalo dah mati ditunggu sekitar 5menit baru bsa di nyalakan,,tlg solusinya gan..tks

Post a Comment