Reparasi TV Sharp Flat 51WF200 Mati Total


Advertisement
Kemarin saya baru saja mendapat satu pasien televisi Sharp Flat 21 inch tipe 51WF200 dengan kerusakan mati total. Dalam reparasi TV Sharp Flat kali ini, ada sedikit kemudahan yang saya temui. Model 51WF200 merupakan tipe baru dari televisi Sharp, sehingga kalau dilihat dari kerumitan rangkaian dan PCB, jelas berbeda dengan model-model TV Sharp yang lebih tua. Saya sudah sering memperbaiki TV Sharp, namun rata-rata adalah model 14 inch, tulisan2 saya tentang reparasi TV Sharp dapat dibaca disini.

Service TV Sharp 21" ini juga ditandai dengan kerusakan adanya bunyi cit-cit dari dalam TV, ini menandakan ada salah satu komponen yang short atau mati. Segera televisi saya buka, dengan ukuran body yang besar, agak susah juga untuk mengangkatnya.

Setelah TV terbuka, pertama-tama yang saya lihat adalah bagian horizontal dari pesawat televisi. Mengukur semua komponen yang terkait dengan blok horizontal, dan ternyata semua dioda, transistor, dan komponen lainnya tidak ada yang rusak.

Namun ada yang aneh dari kerusakan kali ini, saat multimeter digunakan untuk mengukur kaki transistor horizontal dan ground, maka akan terlihat kalau rangkain dalam keadaan short atau ada hubungan pendek. Tapi pada saat semua komponen di open, tidak ada yang mengalami kerusakan.

Karena mencurigai bagian flyback, maka FBT saya cabut keluar. Dan ternyata rangkain sudah tidak terhubung singkat lagi. Maka segera saya bilang pada yang punya TV kalau harus dicarikan sparepart flyback terlebih dahulu. Dan sampai sekarang flyback masih saya bawa, semoga setelah dibelikan yang baru nanti langsung dapat dipasang tanpa masalah.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Ahmad said...

ship gan.ni aq ada servisan sharp 51WF200 yg matot punyae tetangga,
Stelah aq loss flybacknya lampu stb nyala,true aku ganti fbt yang kw 2 tv pun nyala normal,to ad cacatnya di layar belang putih vertical 3cm,kira2apany ya...

Post a Comment