Penyebab Monitor LCD Rusak Gambar Garis-Garis


Advertisement


Penyebab Monitor LCD Rusak Gambar Garis-Garis
Seringkali apabila monitor LCD sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama maka akan mengalami kerusakan mulai dari monitor LCD rusak mati total, gambar tidak tampil pada layar, warna cacat, dan yang paling menyusahkan adalah kerusakan dengan ditandai adanya interferensi atau gambar garis-garis, jadi tampilan gambar pada layar menjadi bergaris.

Secara umum, kerusakan LCD monitor gambar bergaris ini masih dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Biasanya cara memperbaiki tiap jenis kerusakannya juga tidak sama, demikian juga dengan komponen yang diperlukan untuk menggantinya.

Untuk jenis kerusakan pertama ditandai dengan tampilan pada layar LCD didominasi oleh garis-garis vertikal atau garis tegak terhadap panel LCD. Garis bisa berupa benang-benang putih halus atau garis berwarna hitam yang posisinya menetap (tidak bergerak). Untuk kerusakan seperti ini lebih sering disebabkan oleh screen panel yang sudah rusak, jadi untuk solusinya adalah dengan mengganti panel lama dengan panel lain yang masih bagus.

Kerusakan yang kedua sangat berbeda dengan kerusakan pertama, baik dari segi penyebab maupun komponen yang rusak. Kerusakan ditandai dengan tampilan gambar pada layar LCD terganggu dengan adanya garis-garis bergerak yang bisa merupakan garis horizontal (mendatar) yang bergerak naik atau turun secara terus menerus. Bisa juga berupa garis-garis kecil tak beraturan yang kadang lebih mirip dengan titik-titik putih namun posisinya berpindah-pindah.

Untuk kerusakan yang kedua ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena monitor LCD terkena gangguan interferensi misalnya percikan arus listrik, gerakan motor listrik, atau penyebab lain seperti buruknya kabel VGA yang digunakan, dll.

Cara penanganan untuk kerusakan ini juga beragam, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya secara pasti, baru kemudian dicari solusi yang tepat untuk menangani kerusakannya. Kerusakan garis yang berpindah-pindah ini lebih susah di repair daripada kerusakan garis yang menetap.

Advertisement

{ 12 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

bang, sya pnya monitor samsung syncmaster 933 juga kayak gitu. Garisnya makin tebal naiknya kra2 satu mili. Per tahun. Apany yg rusak ya??

kangmis said...

Sma kayak punya gw... makin lama garisnya makin nambah... :(

Rohman said...

Kl yg disebut panel LCD, yang kayak gimana gan, spare partnya kira2 mudah dicari gk?? thx b4...

Dwi said...

@ Rohman: panel itu ya layar lcd secara keseluruhan. kalau aku dulu nyarinya langsung ke pabriknya gan, gak tau juga kalau di toko kyknya masih kesulitan mencari yang cocok, karena soket panel ini berbeda-beda.

Tiasa Shop said...

laptop saya Lenovo T60 sekarang nih ada garis vertikal yang semakin hari semakin bertambah panjangnya, warnanya biru.
Awalnya terlihat seperti coretan tinta biru, namun saat cb dibersihkan tidak bisa, dan sekarang dlm sktr 2 minggu panjangnya sdh menjadi 3x lipatnya.
Apakah itu kerusakan pd screen panel? dan kira2 u/ Lenovo T6 apakah msh mdh ditemukan di pasaran?

Wiend HyuuRa Evans said...

Laptop saya Compaq Presario CQ42, kira-kira sudah 3 tahun. Beberapa detik setelah saya melengos sebentar dari layar laptop, tiba-tiba di layar laptop saya ada garis horizontal warna pink di bawah area taskbar. Yang sebelumnya renggang makin lama makin rapat. Apakah terjadi kerusakan pada panel laptop? Kira-kira apa penyebabnya? Apakah bisa diperbaiki?

Arif Hk said...

Tv lcd polytron sy 32inch. Gambarnya garis2 bergerak keatas kebawah setengah layar. Apa penyebabnya dan bagaimana solusi terbaiknya? Tks

Herlina N.Y said...

klo garisnyaa vertikal tapi berwarna kuning itu penyebabnya apa ya?

yon shikumbang said...

bang sy mau nanya kenapa led saya samsung 19' di pingir sebelah kana meng hitam kira2 dua senti jadi gambar tampilanya begeser ke kiri,menu di destop nya yg sebelah kiriri ke tutup ,,tp klu sebelum di instakan driver vga mah ngak apa apa,,,makasih

Dwi said...

@ yon shikumbang: sudah dicoba menggunakan PC yang berbeda, siapa tahu yang bermasalah adalah PCnya karena menurut anda kerusakan tsb terjadi setelah instal driver vga.
namun kalau memang PC ok, berarti itu ada pergeseran pada panel bagian dalam monitor anda. solusinya harus dibongkar untuk diperbaiki.

@ all, maaf gak bisa balas komennya ya

Ryan Vendeta said...

bang lcd saya cuman putih sebela cara benerinya gi mana pliiiiiis tolong dong

Dwi said...

@ Ryan Vendeta: bisa diperjelas lagi itu tivi lcd atau monitor lcd?

Post a Comment